Categories

Gadget

Aplikasi Xbox iOS Akan Bisa Streaming Game dari Konsol ke iPhone

Fitur remote play ini akan menghubungkan konsol Xbox Anda ke smartphone

Lukman Azis - 28 September 2020

Jaringan 5G sudah di depan mata dan potensi pemanfaatan teknologi 5G sangat besar, salah satunya layanan cloud gaming atau streaming game. Kabar terbaru, Microsoft akan merilis pembaruan besar untuk aplikasi Xbox di platform iOS.

Pada pembaruan tersebut akan disertakan fitur remote play yang memungkinkan pemilik konsol Xbox One melakukan streaming game ke iPhone. Mirip dengan fitur remote play PlayStation 4 milik Sony yang sudah tersedia lebih dulu di Android dan iOS.

Fitur remote play ini berbeda dengan layanan xCloud Microsoft yang melakukan streaming game langsung dari server. Fitur tersebut hanya akan terhubung ke konsol Xbox milik Anda sendiri bukan ke layanan xCloud.

Nantinya pengguna akan dapat mengakses konsol Xbox melalui WiFi atau bahkan lewat koneksi seluler. Karena aplikasi ini mengontrol Xbox di rumah, pengguna juga dapat mengaktifkan konsol dari jarak jauh bahkan saat di luar rumah. Xbox akan hidup tanpa suara dan tanpa menyalakan lampu Xbox di bagian depan.

Kemudian saat pengguna memutuskan sambungan, Xbox akan kembali ke standby setelah beberapa saat tidak aktif. Fitur yang sama diluncurkan baru-baru ini dalam versi beta untuk pengguna Android dan debutnya di iOS akan terjadi pada saat peluncuran Xbox Series X dan S terbaru Microsoft tanggal 10 November mendatang.

Pengguna juga dapat dengan cepat mengunduh atau membagikan klip game dan screenshot yang diambil di konsol Xbox One atau Xbox Series X/S. Bahkan pengguna dapat mengelola ruang penyimpanan konsol dan menghapus game dari smartphone. Fitur lainnya mencakup new homescreen, friends tab, search interface, dan my library tab.

Saat ini aplikasi Xbox untuk iOS masih dalam pengujian dengan anggota TestFlight. Saya pikir sangat menarik, bisa mengakses game-game di konsol lewat smartphone kita – meski pengalaman terbaik tetap bermain di depan TV besar dengan controller ikoniknya.

Sumber: The Verge

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter