1. Startup

Aplikasi Xtimo Dikembangkan untuk Pantau Pekerja di Lapangan

Dikembangkan oleh NPP, menggunakan sistem terintegrasi antara aplikasi mobile dan online dashboard

Aplikasi mobile yang terintergrasi dengan sistem pusat adalah solusi terbaik dalam meningkatkan mobilitas tim, terlebih mereka yang berada di lapangan. Setidaknya konsep inilah yang coba dipakai oleh PT Niagaprima Paramitra (NPP) dalam meningkatkan efisiensi kinerja pegawai lapangannya melalui aplikasi yang mereka kembangkan sendiri, Xtimo.

Seperti diberitakan InfoKomputer, Direktur NPP Surya Wibaya Isjwara mengungkapkan bahwa pengembangan aplikasi monitor agen lapangan dikembangkan berdasarkan niat untuk membantu perusahaan menaikkan penghasilan dan memantau pergerakan agen penjualan melalui solusi mobile. Dengan keyakinan bahwa kebutuhan monitoring secara real time akan semakin dibutuhkan maka lahirlah aplikasi Xtimo.

General Manager GOIJO (Tim NPP untuk pengembangan aplikasi mobile ) Jovan Tamrin juga menjelaskan aplikasi ini lahir dari pain point yang sering dirasakan perusahaan yang mempekerjakan banyak orang di lapangan.

“Selama ini, kita berasumsi bahwa kita mengetahui aktivitas para agen ini. Kita percaya mereka mengerjakan tugas mereka di lapangan. Tapi, bagaimana cara memvalidasinya?” tukas Jovan.

Xtimo inilah yang selanjutnya menjadi jawaban atas permasalahan yang ada. Xtimo sendiri dijelaskan memiliki tiga buah fitur utama, yakni penugasan, pelaporan tugas dan pemantauan. Untuk sistemnya sendiri di buat dua jenis antarmuka. Yang pertama untuk manajer atau supervisor yang bisa diakses melalui online dashboard sedangkan agen menggunakan aplikasi berbasis Android.

Melalui online dashboard para manajer atau supervisor dapat memberikan penugasan kepada agen-agen di lapangan untuk mengunungi lokasi-lokasi tertentu, termasuk dengan apa yang harus mereka lakukan. Kemudian para agen di lapangan harus melakukan check in ketika akan mulai bertugas atau sampai di lokasi, kemudian check out setelah selesai melakukan tugas.

Untuk pelaporan, para agen juga bisa menambahkan bukti foto, jika dalam kondisi tidak ada sinyal semua data bisa di simpan dalam posisi offline terleih dahulu. Seluruh laporan akan terintegrasi dengan dashboard online yang dikelola oleh manajer atau supervisor sehingga bisa digunakan untuk menilai kecakapan kerja agen-agen di lapangan.

“Para agen lapangan sering kali enggan mengerjakan paperwork. Begitu kembali ke kantor, mereka masih harus mengisi laporan. Dengan Xtimo, laporan bisa dikirimkan langsung saat itu juga dari tempat mereka bertugas,” ujar Jovan.

Surya juga menambahkan:

“Kami membuat aplikasi ini sesimpel mungkin. Agen cukup check in, mulai kerja, selesai, dan checkout. Perusahaan pun jadi bisa menghitung pembayaran bagi agen-agen ini berdasarkan time sheet atau jam kerja efektif mereka.”

Aplikasi Xtimo sendiri sejatinya sudah dikembangkan pihak NPP sejak 2014 dan baru di awal tahun inilah resmi dipasarkan dengan sistem berlangganan per jumlah pengguna.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again