22 April 2015

by Glenn Kaonang

Aplikasi YouTube Akan Berhenti Berfungsi pada Perangkat yang Sudah Uzur

Jika Anda rutin menonton video di YouTube, Anda sepertinya harus meng-upgrade perangkat-perangkat yang sudah cukup tua usianya. Akibat sejumlah revisi pada YouTube Data API, aplikasi YouTube pun akan berhenti berfungsi pada sejumlah perangkat yang sudah uzur tersebut.

Perangkat-perangkat yang dimaksud adalah yang dibuat di tahun 2012 atau sebelumnya, termasuk halnya smart TV dan Blu-ray player buatan Sony dan Panasonic, perangkat Google TV versi lama dan Apple TV generasi kedua atau sebelumnya.

Pada iPhone, iPad dan iPod Touch, aplikasi YouTube hanya akan berfungsi jika versi OS yang dijalankan adalah iOS 7. Jika tidak, maka mengakses situs m.youtube.com via Safari adalah satu-satunya opsi untuk menonton video YouTube pada perangkat-perangkat ini.

Info menarik: Mau Nonton YouTube Tanpa Gangguan Iklan? Bisa, Ini Syaratnya

Sebaliknya, aplikasi resmi YouTube akan terus tersedia untuk perangkat-perangkat keluaran tahun 2013 atau yang lebih baru. Jika Anda sempat membeli smart TV baru-baru ini, Anda tidak perlu terlalu khawatir.

Perubahan pada YouTube Data API ini bukan semata untuk menyetop dukungan terhadap perangkat yang sudah berumur saja. Google mengatakan bahwa perubahan ini membuka peluang optimalisasi fitur-fitur seperti comment, caption, RSS push notification dan flagging pada video.

Lalu bagaimana jika Anda bersikukuh untuk tetap menggunakan perangkat-perangkat lawas tersebut sebagai sarana mengonsumsi video YouTube? Well, jika perangkat itu masih mendukung Adobe Flash atau HTML5, Anda tetap bisa mengakses YouTube viabrowser.

Sumber: YouTube Developers Blog, YouTube Help dan The Verge. Gambar header: YouTube via Shutterstock.