Misc

Aplikasi YouTube untuk Smart TV Punya Tampilan Baru

Kini rekomendasi video dari berbagai kategori bisa langsung dinikmati di halaman utama tanpa perlu membuka menu

Meski mayoritas mengaksesnya lewat smartphone dan tablet, penggunaan YouTube di Smart TV juga tergolong cukup populer. Pada kenyataannya, survei yang dilakukan YouTube di AS menunjukkan lebih dari separuh pengguna berusia 18 - 49 tahun mengakses platform berbagi video tersebut lewat Smart TV, dan waktu yang dihabiskan naik dua kali lipat dibanding tahun lalu.

Untuk itu, YouTube merasa perlu untuk merilis update aplikasinya di Smart TV guna menyempurnakan pengalaman pengguna dalam mengonsumsi konten. Versi baru ini telah dirombak tampilannya, dimana fokusnya kini lebih ke rekomendasi video pada halaman utama, menyesuaikan dengan cara pengguna mengakses YouTube lewat TV.

Kini halaman utama aplikasi YouTube rekomendasi video yang dibagi ke dalam sejumlah kategori seperti "Recommended", "Trending", "Entertainment", "4K", "News", "Live" dan lain sebagainya. Model seperti ini jelas lebih mudah diakses ketimbang sebelumnya dimana kategori-kategori tersebut bernaung di menu bagian samping.

Dalam setiap kategori, akan muncul beberapa subkategori yang menyajikan pilihan video yang lebih spesifik. Ini penting mengingat cara kita mengakses YouTube di TV berbeda dengan di perangkat mobile atau desktop, dimana seringkali kita tidak sengaja mampir ke YouTube via tautan di media sosial atau hasil pencarian; sedangkan di TV kita dengan sadar membuka aplikasinya untuk mencari tontonan.

Update baru ini sekarang telah meluncur lebih dulu di AS untuk semua platform Smart TV maupun game console, terkecuali Apple TV, baru kemudian menyusul ke kawasan lain secara bertahap.

Sumber: TechCrunch.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter