5 December 2012

by Iqbal Farabi

App Annie Index 2012: Pendapatan Aplikasi di iOS 4 Kali Lipat dari Aplikasi di Android

Baru-baru ini App Annie, sebuah perusahaan yang melakukan riset pasar aplikasi mobile, merilis laporan mengenai pasar aplikasi mobile di tahun 2012. Berdasarkan laporan tersebut, didapati bahwa total pendapatan aplikasi-aplikasi yang dijual di iOS empat kali lipat lebih besar daripada total pendapatan aplikasi-aplikasi yang dijual di Android.

Meskipun demikian, Android mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan tahun lalu. Pendapatan Google Play Store pada bulan Oktober 2012 lalu meningkat sebesar 311% diandingkan pendapatan di bulan Januari 2012. Sementara pendapatan iTunes Store di bulan Oktober 2012 hanya meningkat 12,9% dibandingkan pendapatan di bulan Januari 2012. Hal ini mendorong analis-analis di App Annie untuk memprediksi semakin kecilnya selisih total pendapatan aplikasi di Android dibandingkan aplikasi di iOS pada tahun-tahun mendatang.

Untuk jumlah total pengunduhan, iOS juga masih mengungguli Google Play Store, meskipun selisihnya semakin mengecil akibat besarnya pertumbuhan angka pengunduhan aplikasi di Google Play Store.

Secara geografis, secara mengejutkan, Jepang menjadi sumber pendapatan utama bagi aplikasi-aplikasi Android. Hal ini menandai untuk pertama kalinya pasar Amerika Serikat dikalahkan oleh pasar Asia. Negara Asia lainnya, Korea, tercatat sebagai sumber penghasilan terbesar ketiga bagi aplikasi Android. Sedangkan untuk aplikasi-aplikasi iOS, pasar terbesar masih dikuasai oleh Amerika Serikat dengan margin yang cukup besar dari negara-negara berikutnya seperti Jepang, Inggris, dan Australia.

Laporan ini semakin mengukuhkan dominasi iOS di Amerika Serikat setelah sebelumnya Kantar merilis laporan market share sistem operasi mobile yang menyatakan iOS mengungguli Android di AS. Meskipun demikian, Android sendiri nampaknya mulai mengejar ketertinggalannya dari iOS dan sudah mengungguli market share iOS di pasar dunia. Menarik untuk mengamati apakah dalam soal pendapatan, nantinya pendapatan aplikasi-aplikasi di Google Play Store bisa mengejar pendapatan aplikasi-aplikasi di iOS.