31 January 2013

by Iqbal Farabi

App Annie Index: Pendapatan Aplikasi iOS Masih Memimpin, Pendapatan Aplikasi Android Tumbuh Pesat

Pada awal Desember lalu kami sempat mengulas laporan dari App Annie tentang pendapatan aplikasi-aplikasi di dua sistem operasi mobile terbesar saat ini, Android dan iOS. Laporan yang dibuat berdasarkan laporan penjualan aplikasi pada kuartal ketiga 2012 lalu menyatakan bahwa total pendapatan aplikasi di iOS empat kali lebih besar daripada total pendapatan aplikasi di Android. Kini, setelah kuartal keempat 2012 berlalu, bagaimana perkembangan angka pendapatan tersebut?

Berdasarkan laporan App Annie Index edisi Januari 2013, Sistem operasi iOS masih unggul jauh dari Android dalam hal pendapatan total aplikasi di app store yang dimilikinya. Dengan mencatatkan rekor total pendapatan bulanan, pada Desember lalu jumlah total pendapatan aplikasi di app store iOS 350% lebih besar dari total pendapatan aplikasi di Google Play. Grafik berikut memperlihatkan bagaimana angka total pendapatan aplikasi di kedua app store tersebut selama tahun 2012:

Meskipun demikian, Google Play sendiri mencatatkan pertumbuhan yang luar biasa selama tahun 2012. Total pendapatan Google Play di kuartal keempat bertambah dua kali lipat jika dibandingkan pada kuartal ketiga. Sebagai perbandingan, pertumbuhan pendapatan iOS app store sendiri hanya 20% dari kuartal ketiga ke kuartal keempat.

Pertumbuhan pendapatan Google Play ini didorong terutama oleh tiga negara yakni Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan. Meskipun memiliki total populasi yang relatif tidak besar, Jepang dan Korea Selatan jika dijumlahkan telah menyumbangkan hampir setengah dari total pendapatan Google Play. Pada grafik berikut bisa dilihat bagaimana kontribusi ketiga negara ini.

Dengan pertumbuhan ini, beberapa pengamat teknologi mulai berspekulasi bahwa angka total pendapatan Google Play akan segera mengejar angka total pendapatan aplikasi-aplikasi iOS. Dengan semakin banyaknya sistem operasi mobile, baik dari pemain-pemain baru seperti Sailfish, Firefox OS, dan Tizen maupun pemain-pemain lama yang baru berbenah seperti Blackberry 10 dan Windows Phone 8, tentunya menarik untuk disimak bagaimana perkembangan angka-angka total pendapatan aplikasi di masing-masing sistem operasi pada tahun 2013 ini.