Categories

Mobile

App Annie: Pendapatan Apple App Store Lebih Tinggi Dibandingkan Google Play Store

Aditya Daniel - 20 April 2015

App Annie, perusahaan yang bergerak dalam bidang analisis pasar aplikasi belum lama ini mengeluarkan data mengenai perbandingan pendapatan yang diperoleh dari dua toko aplikasi, Apple App Store dan Google Play Store.

Dari laporan terbaru yang dirilisnya, pendapatan yang didapat oleh App Store diperkirakan 70% lebih tinggi jika dibandingkan dengan toko aplikasi Google Play Store dalam satu periode yang sama, kuartal pertama 2015.
appannie1

Angka tersebut 60% lebih tinggi jika dibandingkan dengan angka kuartal 3 tahun 2014 yang lalu. Meski keuntungan yang diperoleh lebih besar dibandingkan pesaingnya, namun untuk masalah jumlah unduhan, iOS App Store masih di bawah Google Play Store. Hal ini tak bisa dipungkiri berkat tumbuhnya pasar handset Android murah.

Info Menarik: 5 Aplikasi iOS Dengan Harga di Bawah $5 Yang Wajib Anda Miliki

Meksiko, Turki, Brasil dan Indonesia adalah keempat negara yang disebut oleh App Annie membawa kontribusi besar dalam jumlah unduhan yang didapat oleh Google Play Store. Program Android One dari Google yang membawa Android murah ke pasar juga disinyalir berkontribusi meski analis sendiri pesimis dengan program Android One ini.

Di sisi lain, Tiongkok masih menjadi pasar sasaran Apple. Dengan peluncuran duo varian iPhone 6, US dan Tiongkok menjadi dua pasar terkuat Apple. Menurut data dari Kantar Worldpanel ComTech, iPhone 6 menjadi best-selling di Tiongkok dengan 10.2% market share sedangkan iPhone 6Plus berada di peringkat ketiga setelah Xiaomi RedMi Note.

Hal ini juga sedikit banyak menegaskan bahwa kebutuhan handset berlayar lebar masih menjadi pilihan di kawasan Asia. Per Februari sendiri Apple sudah mendapat pangsa pasar sebesar 27.6% di Tiongkok.

Info Menarik: 5 Game iOS Ini Bisa Jadi Teman Refreshing Anda

Data yang disajikan oleh App Annie sendiri konsisten dalam beberapa tahun belakangan. Jumlah unduhan Android yang jauh di atas iOS sendiri didukung oleh faktor platform yang bisa diadopsi oleh para pembuat handset, baik yang menyasar kelas perangkat high atau low-end.

Sedangkan iOS masih bertahan dengan memberikan pendapatan yang lebih besar dari toko aplikasinya. Meski kalah dalam jumlah unduhan, hal ini masih menjadi segi positif yang ditawarkan oleh Apple kepada para pengembang yang tertarik untuk meluncurkan aplikasinya di platiform iOS.

Sumber: App Annie.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter