4 November 2013

by Iqbal Farabi

App Annie: Total Unduhan Google Play Kini 25% Lebih Banyak dari iOS App Store

Pembaca setia TRL pastinya sudah tidak asing dengan App Annie. Perusahaan yang bergerak di bidang analisis pasar aplikasi mobile ini memang cukup rutin merilis laporan terbarunya pada setiap caturwulan. Nah, kali ini kami akan mengulas laporan terbaru dari App Annie mengenai kondisi dua app store terbesar yakni Google Play dan iOS App Store pada Q3 2013 lalu.

Secara umum, tren di kedua app store ini cukup linear, paling tidak untuk dua variabel utama yakni jumlah unduhan dan jumlah pendapatan. Untuk jumlah unduhan, kini Google Play memiliki jumlah unduhan 25% lebih banyak dari iOS App Store. Selisih jumlah unduhan Google Play dengan iOS App Store pada Q3 2013 ini lebih besar daripada selisihnya di kuartal kedua lalu.

Untuk jumlah pendapatan, meski masih unggul dari Google Play, keunggulan jumlah pendapatan iOS dari satu laporan ke laporan berikutnya semakin mengecil. Kurang dari satu tahun lalu, iOS App Store memiliki jumlah pendapatan sebanyak 4 kali lipat lebih banyak dari Google Play. Dalam kurun waktu satu tahun saja, Google Play kini memiliki jumlah pendapatan setengah dari jumlah pendapatan iOS App Store.

Meski saat ini masih terlihat unggul cukup jauh, jika tren jumlah pendapatan kedua app storeΒ ini diteruskan maka dalam waktu satu tahun lagi jumlah pendapatan Google Play boleh jadi mengungguli iOS App Store. Ini akan menjadi preseden yang buruk bagi Apple. iOS App Store selama ini selalu diprioritaskan oleh para pengembang aplikasi mobile karena secara statistik aplikasi-aplikasi di iOS App Store memang memiliki jumlah penghasilan yang lebih besar daripada di Google Play. Jika keadaan berbalik, bukan tak mungkin pengembang aplikasi akan lebih memprioritaskan mengembangkan aplikasi untuk Android terlebih dulu.

Dengan rilis iOS 7 oleh Apple dan rilis Android 4.4 Kitkat dari Google, saya sendiri akan sangat menantikan laporan App Annie pada Q4 2013 nanti. Apakah Google dan Google Play semakin memperkecil selisih jumlah pendapatan dari iOS App Store, atau justru iOS App Store yang berhasil mejaga jarak?