Categories

Mobile

[App Review] Ace Browser, Performa Oke Tapi Masih Kurang Komplet

Ace Browser masih butuh beberapa fitur tambahan untuk membuatnya sempurna

Bambang Winarso - 3 April 2018

Saat ini ada banyak sekali pilihan browser yang tersedia di Google Play Store untuk smartphone Anda. Begitu banyaknya, mungkin sebagian dari Anda cukup kesulitan untuk menentukan pilihan. Opera Mobile saja misalnya menawarkan empat versi berbeda, antara lain Opera mini, Opera Browser dan dua versi beta untuk keduanya. Mozilla juga punya beberapa versi, meliputi Firefox browser, Firefox Rocket dan Firefox Focus. Kemudian ada satu nama yang mungkin belum familiar di telinga Anda, yaitu Ace Browser. Review aplikasi kali ini akan mengulas soal browser yang satu ini, agar Anda makin mengenal seperti apa fitur-fitur dan apa saja kelebihannya.

Deskripsi

Tak sulit rasanya mengenali apa sebenarnya Ace Browser. Dari namanya Anda bisa dengan mudah menyimpulkan sendiri kegunaannya. Yap, tak salah lagi. Ace Browser adalah aplikasi peramban yang menawarkan alat untuk menjelajah dunia maya seperti halnya Chrome, Firefox, dan Opera yang tadi sudah kita singgung di awal.

Ace Browser diluncurkan oleh pengembang bernama Ace App Studio. Di Google Play mereka menggunakan nama RadiumDev dan Ace Browser ini merupakan satu-satunya aplikasi yang mereka luncurkan di toko aplikasi milik Google itu. Sejak pertama diluncurkan, angka unduhan Ace Browser terus bertumbuh dengan rentang unduhan di angka 10 juta sampai dengan 50 juta.

Interface

Kesan pertama yang saya tangkap ketika menggunakan Ace Browser pertama kali adalah bersih dan simple, hampir terlihat mirip dengan UC Browser namun dengan penempatan iklan dan potongan tile yang berbeda. Di Ace Browser sayangnya, iklan diposisikan di bagian terdepan. Jadi, ketika pertama kali menjalankan peramban, Anda akan langsung disambut oleh iklan. Cukup mengganggu, sementara suguhan berita yang sebenarnya cukup mempersingkat waktu pengguna diletakkan di bagian tengah sampai ke dasar.

Daftar berita dari situs-situs pilihan ditampilkan real-time dan diperbarui dalam waktu tertentu. Jumlah berita yang disuguhkan juga sangat banyak dan tanpa ujung. Jadi sepanjang Anda sanggup men-swipe layar ke bawah, sepanjang itu pula konten berita yang disajikan. Terus bermunculan tanpa henti.

Kembali ke halaman utama Ace Browser. Di bagian atas browser terpampang cuaca di lokasi saya berada dan toogle dengan pemicu berbentuk gambar yang terus berubah-ubah sesuai tema. Jika gambar tersebut disentuh, maka akan muncul daftar pencarian populer yang terdiri dari lima kata kunci dan enam buah halaman yang bisa digeser dengan jari.

Kemudian terdapat pula address bar yang secara otomatis menampilkan kata kunci pilihan didampingi oleh ikon mikrofon dan tentu tombol kaca pembesar untuk memulai pencarian. Anda tentu bisa dengan mudah mengetikkan kata kunci atau alamat situs di dalamnya. Saat menggunakannya, saya dengan mudah menemukan situs yang pernah saya kunjungi atau kata kunci yang pernah saya ketikkan. Sayangnya, lagi-lagi di bagian ini saya menemukan iklan di bagian teratas pula. Secara visual kehadiran iklan cukup mengganggu dan membingungkan.

Yang cukup unik, saat saya mengetikkan alamat situs atau kata kunci tertentu, di bagian teratas muncul beberapa opsi seperti All, Images, Video dan News. Rupanya, keempat label ini mewakili jenis pencarian dari mesin pencari default yang digunakan. Dengan opsi ini, saya dapat dengan mudah dan cepat menyesuaikan sendiri jenis konten yang ingin saya temukan, apakah berita, gambar atau video.

Di sisi paling kiri address bar terdapat logo mesin pencari default yang saya gunakan, dalam hal ini saya menggunakan Google. Opsi mesin pencarinya sendiri terdiri dari delapan opsi, antara lain Google, Bing, Yahoo, Ask, Aol, DuckDuckGo, Yandex dan Baidu.

Fitur

Nah, sekarang tiba waktunya membahas fitur-fitur di Ace Browser. Cukup lengkap menurut saya, tapi menurut saya masih kalah lengkapi dari UC Browser. Tapi secara umum, fitur-fitur penting sebagai sebuah peramban sudah dimiliki oleh Ace Browser. Dari sisi kesederhanaan, Ace Browser sangat memenuhi syarat itu, dan bagi sebagian orang, elemen itu lebih memberi rasa nyaman ketimbang browser yang kompleks dan banyak fitur.

Berikut adalah beberapa fitur yang bisa Anda jumpai di Ace Browser. Semua fitur-fitur ini dapat Anda jumpai dengan men-tap tombol paling tengah yang ditandai dengan tiga buah strip.

Speed Mode

Fitur speed mode ini berfungsi untuk meningkatkan kecepatan loading aplikasi saat mengunjungi sebuah halaman. Ace Browser mengklaim dorongan kecepatan yang dihadirkan sebesar 60% dari kecepatan standarnya tetapi tanpa menurunkan kualitas visual halaman bersangkutan. Berdasarkan pengalaman saya menggunakan fitur ini untuk mengakses situs Dailysocial.id, saya mendapatkan dorongan kecepatan hingga 2 detik (hitungan manual) lebih cepat dibandingkan tanpa menggunakan fitur Speed Mode. Tetapi, kecepatan ini tetap dipengaruhi oleh kecepatan jaringan Anda. Anda mungkin tidak akan memperoleh perbedaan kecepatan seperti yang saya rasakan peroleh.

 

Full Screen

Fitur ini jika diaktifkan akan menghilangkan menu address bar dan toolbar bagian bawah. Keduanya akan kembali tampil ketika Anda menggerakkan layar atau mencapai bagian teratas halaman.

No Image

Fitur ini untuk menghilangkan elemen gambar di halaman yang diakses. Jika dalam posisi non-aktif, gambar akan kembali tampil.

Night Mode

Night Mode membantu pengguna mengurangi tingkat cahaya ketika sedang membaca berita di malam hari. Fitur ini bekerja dengan cara mengubah latar belakang halaman dan bahkan teks menjadi serba gelap.

 

Bookmark/History

Panel ini jika ditap akan menghantarkan Anda ke halaman bookmark atau riwayat penelurusan. Keduanya dipisahkan oleh tab dan item-tem di dalamnya dapat dihapus sesuai kebutuhan.

Offline Page

Untuk konten-konten yang Anda anggap penting tapi tidak memungkinkan untuk membaca seluruh isinya, Anda bisa menyimpan halaman tersebut dan menemukannya kembali di panel Offline Page ini.

Downloads

Berbeda dengan offline page, panel Downloads ini berisi berkas baik foto, video atau musik yang diunduh oleh Ace Browser.

Privacy Sites

Privacy Sites adalah tempat rahasia untuk menyimpan situs-situs favorit tapi bersifat pribadi. Jadi, panel ini akan dilindungi oleh pola yang bisa Anda tentukan sendiri. Di dalamnya terdapat tombol untuk menambahkan situs-situs pribadi versi Anda. Karena bersifat pribadi, hanya Anda dan orang yang mengetahui pola rahasialah yang bisa melihat daftar lengkapnya.

 

Desktop Site

Meski merupakan peramban mobile, Ace Browser memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk mengakses situs dengan orientasi yang diinginkan. Fitur Desktop Site akan menampilkan situs dalam ukuran dan visual desktop, dan jika dinon-aktifkan, situs akan kembali tampil dalam mode mobile.

Clear Data

Fitur ini terbilang unik karena diletakkan di panel yang mudah dijumpai. Peramban lain juga mempunyai fitur serupa, tapi kebanyakan dari mereka meletakkan tombolnya di posisi yang terbenam dalam sehingga sulit ditemukan. Fitur Clear Data di Ace Browser membantu saya untuk menghapus beberapa data, seperti cache, riwayat, cookies, formulir dan kata sandi serta akses lokasi. Anda bisa menghapus salah satu atau menandai semuanya.

 

Tell Friends

Ini merupakan fitur terakhir di panel menu utama, di mana ia bertujuan agar pengguna Ace Browser yang puas dengan performanya bisa mengajak orang lain untuk mencobanya.

Pengaturan

Di luar dari fitur-fitur yang sudah saya ceritakan di atas, Ace Browser juga punya panel pengaturan yang tombolnya terletak bersebalahan dengan menu utama tadi.

Seperti kebanyakan peramban, menu pengaturan berisikan alat-alat bantu untuk menyesuaikan mulai dari tampilan, mesin pencari default hingga akses untuk mengunduh versi terbarunya. Menu Pengaturan terbagi atas empat kategori besar, yaitu Basic, Privacy & Security, Advance dan About.

 

Basic

Pengaturan kategori Basic memuat beberapa jenis alat, misalnya untuk menjadikan Ace Browser sebagai browserdefault, mengganti mesin pencari default, ukuran huruf, kecerahan layar, konten di halaman home, zoom dan desktop site.

Privacy & Security

Kemudian di kategori Privacy & Security berjejer beberapa pengaturan, antara lain tool untuk menghapus data mirip dengan fitur Clear Data di atas, tool menghapus riwayat dan juga confirm to exit untuk konfirmasi jika menutup penuh peramban.

Advanced

Selanjutnya, kategori Advanced mengatur beberapa hal antara lain pengaturan pencarian cepat, saran pencarian, input, bagaimana browser tampil pertama kali, notifikasi unduhan dan lokasi unduhan.

 

About

Terakhir, kategori About memuat alat bantu opsional misalnya Tell friends, pemberian rating, umpan balik, pertanyaan yang sering diajukan, update dan kebijakan penggunaan peramban.

Multiple Tab

Selain fitur-fitur yang sudah kita bahas di atas, Ace Browser juga mendukung fungsi multiple tab maksimal 32 tab. Angka ini lebih dari cukup untuk kebutuhan pemakaian normal. Saya bahkan tidak yakin Anda pernah membuka lebih dari 15 tab saat menjelajah internet menggunakan smartphone.

Incognito Mode

Ace Browser juga mendukung Incognito Mode yang bisa Anda aktifkan dengan men-tap tombol tab – Incognito Tab.

 

Kesimpulan

Selama beberapa hari menggunakan Ace Browser, saya cukup puas dengan fitur Speed Mode yang ditawarkan. Menurut saya, janji dorongan kecepatan hingga 60% memang tidak sepenuhnya akurat tapi harus saya akui ada lonjakan kecepatan saat fitur ini diaktifkan. Kecepatan loading halaman semakin optimal jika dipadukan dengan modus No Image, meskipun sisu visualnya menjadi tidak sempurna akibat ketiadaan gambar.

Ace Browser juga kaya akan pilihan berita, sehingga cocok untuk mereka yang memang haus akan perkembangan dari berbagai kategori mulai berita politik, teknologi, gaya hidup dan dunia.

Bagian interface juga menjadi keunggulan Ace Browser, sayangnya kehadiran iklan di bagian terdepan dan di address bar membuat saya merasa terganggu. Akan lebih baik jika iklan diletakkan di bagian tengah saja, di antara suguhan berita.

Sedangkan kelemahan Ace Browser terletak pada absennya beberapa fitur yang menurut saya sangat berguna, antara lain pemblokir iklan, penangkap layar, pencarian teks di halaman dan dukungan media sosial.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter