Categories

Mobile

[App Review] Brainly, Solusi Seru bagi yang Mentok dengan PR Sekolah

Tapi masih saja ada pertanyaan-pertanyaan "bocah" yang tak begitu penting

Bambang Winarso - 20 June 2018

Sebelum Android merajalela seperti sekarang, teknologi berbasis web sudah lebih dulu dimanfaatkan untuk menjawab berbagai kebutuhan manusia mulai dari pembelian barang, jasa, informasi dan pendidikan. Sampai kemudian Android mengubah cara manusia berinteraksi melalui interface yang lebih ringkas di perangkat smartphone. Kini, mayoritas pengguna internet mengandalkan smartphone untuk melakukan banyak hal, salah satunya belajar secara mandiri.

Brainly menghadirkan cara baru yang lebih menyenangkan dalam mempelajari berbagai literatur dan ilmu pengetahuan. Brainly mempertemukan siswa dan tenaga pendidik dalam sebuah platform mobile nan ringkas. Siswa dapat mengajukan pertanyaan, dan sebaliknya tenaga pendidik bisa memberikan jawaban terbaiknya. Segala aktivitas dan subjek pertanyaan atau jawaban dapat dipantau secara real-time, di manapun dan kapanpun.

Di kolom review aplikasi kali ini, kita akan mencoba dan mempelajari apa saja yang ada di Brainly dan bagaimana sisi antar muka yang dimilikinya.

Tapi sebelum itu, kita ulas sedikit tentang profil Brainly.

Apa itu Brainly?

Dikutip dari Wikipedia, Brainly merupakan perusahaan pendidikan berbasis teknologi yang berasal dari Krakow, Polandia. Perusahaan ini didirikan oleh tiga orang, yaitu Michał Borkowski, Tomasz Kraus dan Łukasz Haluch. Seperti yang sudah disinggung di awal, Brainly mengadopsi konsep media sosial yang sudah lebih dulu populer, namun dikhususkan untuk siswa dan guru, di mana siswa dapat bertanya terkait pelajaran dan sebaliknya guru dapat memberikan jawaban terbaiknya. Untuk setiap jawaban, Brainly memberikan reward berupa poin yang akan meningkatkan reputasi pendidik di mata komunitas.

Per Januari 2018, Brainly mengantongi lebih dari 100 juta pengguna bulanan dari 35 negara yang dijangkau, termasuk Indonesia. Di Indonesia, Brainly beroperasi melalui dua platform, web di Brainly.co.id dan mobile yang bisa ditemukan di Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS.

Pada dasarnya Brainly adalah layanan yang dapat digunakan secara cuma-cuma baik oleh siswa atau guru. Tapi, mereka juga menawarkan program premium berbayar yang khusus dirancang untuk soal-soal yang sulit sehingga jawabannya pun bukan asal, tetapi telah diverifikasi kebenarannya oleh moderator.

Interface

Brainly mengadopsi garis material design yang relatif lebih adem dengan mengurangi ketebalan border dan penggunaan warna-warna yang lebih kalem. Walhasil, ketika pertama kali menjalankan Brainly, saya langsung merasa nyaman berlama-lama di dalamnya. Pengembang Brainly cukup pintar dengan menerapkan warna latar belakang yang berbeda untuk setiap panel utamanya.

Anda bisa lihat apa yang saya maksudkan di screenshot ini. Ini adalah bagian terdepan dari aplikasi Brainly versi Android. Anda akan temukan tiga panel utama dengan label Ask, Answer dan Me. Masing-masing panel mempunyai warna latar yang berbeda. Brainly juga menggunakan gambar-gambar overlay sebagai pemanis tanpa banyak menganggu perhatian pengguna.

Brainly_interface

Di panel Ask, Anda bisa temukan beberapa pakar top yang mendapatkan reward paling tinggi. Singgasana ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang dianggap banyak membantu pengguna lain dengan memberikan jawaban-jawaban yang akurat. Di panel Ask, ada juga pertanyaan live yang bisa diikuti atau dijawab secara real-time.

Geser ke kanan, berjumpalah kita dengan panel Answer, panel khusus yang dirancang untuk masing-masing pengguna. Di panel ini Anda dapat menemukan daftar pertanyaan yang bisa Anda jawab. Bagi pemula atau pengguna baru, panel ini wajib dipenuhi untuk mengumpulkan reputasi awal. Pertanyaan yang tampil juga akan dikelompokkan dalam mata pelajaran yang berbeda, dan setiap jawaban mempunyai bobot reward yang berbeda-beda.

Selanjutnya, halaman utama Brainly juga menampilkan panel Me yang untuk pengguna baru berfungsi untuk mendaftarkan akun. Brainly menawarkan dua opsi pendaftaran, menggunakan Facebook atau formulir. Saya menyarankan Anda untuk menggunakan formulir saja, karena ternyata proses pendaftarannya sangat-sangat mudah. Anda bahkan tidak harus memberikan alamat email yang biasanya diminta oleh layanan lain. Di Brainly, Anda cukup memasukkan nama pengguna lalu klik OK. Setelah itu Anda cukup memilih tingkat pendidikan dan avatar, lalu selesai, akun Anda sudah rampung dan Anda bisa mulai bertanya atau menjawab pertanyaan.

Di bagian interface ini, jika harus memberikan nilai, saya dengan senang hati memberikan nilai 9 dari 10. Menurut saya, antar mukanya sangat bersih, cepat dan nyaman. Pendaftarannya juga sepertinya sengaja dipermudah agar pengguna tidak merasa terbebani di proses awalnya terutama pengguna pemula. Well done, brainly!

Fitur-fitur Brainly

Bertanya dan Menjawab

Sesuai dengan konsep dasarnya, di Brainly Anda dapat melakukan dua hal tergantung pada jenjang pendidikan Anda saat ini. Jika Anda merasa punya latar belakang pendidikan yang tinggi, maka posisi Anda adalah memberikan bantuan berupa jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Brainly telah menyediakan daftar pertanyaan untuk masing-masing akun di panel Answer.

Screenshot_2018-04-23-09-22-24-218_co.brainly2

 

Sedangkan untuk memantau daftar pertanyaan, memulai pertanyaan pertama dan jawaban Anda, bisa diakses di panel Me.

Filter Pertanyaan

Di panel Answer, Brainly menyediakan alat tambahan yang berguna untuk menyaring jenis pertanyaan yang muncul. Misalnya, hanya pertanyaan tingkat SLTA, pelajaran tertentu, ujian tertentu misalnya UBMPTN, ujian nasional, dan lain sebagainya.

Screenshot_2018-04-23-12-26-20-627_co.brainly

 

Live Chat/Pertanyaan

Screenshot_2018-04-23-09-25-11-700_co.brainly

Di panel Ask, Anda juga dapat menemukan opsi chat dan pertanyaan real-time di mana Anda dapat bergabung untuk sekadar menyapa pengguna lain atau menjawab pertanyaan yang diajukan secara real-time. Di panel chat, terdapat pula tombol hati untuk mengekspresikan rasa suka dan tombol komentar untuk mengirimkan pesan baru.

Komentar Jawaban Brainliest

Di panel Ask juga terdapat salah satu kolom khusus untuk menampilkan daftar pertanyaan yang sudah dijawab oleh para brainliest populer. Di panel ini Anda tidak bisa memberikan jawaban untuk pembanding, tetapi alternatifnya Anda bisa meninggalkan komentar di tiap jawaban para brainliest, misalnya untuk mengucapkan terima kasih atau memberikan sanggahan.

brainly ask brainliest

 

Di daftar ini, pengguna yang mempunyai permasalah serupa bisa menemukan jawaban secara cepat tanpa harus membuat pertanyaan baru dan menunggu jawaban dari member lain.

Invite Friends

Fitur ini ditemukan di banyak aplikasi lainnya. Tapi di Brainly ternyata fitur ini lumayan baru. Kegunaan fitur ini adalah untuk mengajak teman agar bergabung ke Brainly, apakah sebagai penanya atau sebagai pemberi solusi.

Pesan

Selain berinteraksi secara publik dan saling memberikan jawaban, di Brainly Anda juga dapat mengirimkan pesan pribadi seperti layaknya Facebook dan Twitter. Fitur pesan ini dapat dijumpai di profil pengguna.

Screenshot_2018-04-23-11-52-55-579_co.brainly

 

Follow

Fitur Follow terletak di panel profile, tepat di samping tombol pesan pribadi. Seperti di layanan jejaring sosial, fitur Follow memudahkan pengguna untuk berinteraksi di kemudian hari. Di Brainly, fitur follow akan membantu pengguna memperoleh atau memantau aktivitas akun yang diikuti, kemudian mengetahui apa jawaban atau pertanyaan yang mereka berikan.

Rank

Tadi dikatakan bahwa Brainly menerapkan sistem gamifiction dengan memberikan reward untuk setiap jawaban. Satu elemen lain dari konsep tersebut adalah diberlakukannya sistem rank untuk membedakan peringkat masing-masing pengguna, dimulai dari rank pemula sampai dengan jenius. Masing-masing rank diwakili dengan badge yang berbeda.

Screenshot_2018-04-23-11-58-02-169_co.brainly

Notification

Aktivitas Anda mulai dari mengirimkan pertanyaan, memberikan jawaban, meninggalkan komentar atau hati akan dicatat oleh sistem. Apabila ada aktivitas pengguna lain yang berkaitan dengan hal-hal tersebut, Anda akan mendapatkan notifikasi secara real-time. Notifikasi ini bisa disesuaikan ulang melalui menu Settting di panel Me.

Kesimpulan

Dari sisi antar muka, saya punya kesan yang sangat baik akan Brainly. Sedangkan untuk benefit dalam penggunaan fitur utamanya yakni bertanya dan menjawab, saya merasa aplikasi ini tidak lagi cocok untuk saya. Akan tetapi, melihat interaksi dan fitur yang ada di dalamnya, saya sangat yakin aplikasi Brainly akan sangat membantu para siswa dan juga para guru untuk meningkatkan kemampuan dalam menjawab pertanyaan siswa di kelas. Guru juga akan terbantu untuk memahami persoalan yang paling sering dihadapi oleh siswa.

Hanya saja, selama menggunakan Brainly sejak akhir pekan lalu, saya merasa Brainly perlu melakukan moderasi untuk beberapa pertanyaan. Sebab, saya masih menemukan pertanyaan-pertanyaan yang rasanya tidak begitu penting. Hal-hal semacam ini dapat mengurangi esensi dari kegunaan Brainly itu sendiri. Jangan sampai, pertanyaan yang berbobot justru tergeser oleh banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang tidak penting. Yang kedua, penting sekali rasanya aturan kaidah penulisan pertanyaan, misalnya minimal karakter pertanyaan. Saya sering menemukan pertanyaan yang terlalu singkat yang berpotensi membingungkan.

Sparks

  • Desain minimalis, bersih dan nyaman di mata.
  • Fitur yang tepat guna
  • Cepat dan ringan
  • Pendaftaran yang sangat mudah
  • Pilihan mata pelajaran sangat lengkap
  • Respon pengguna yang cepat

Slacks

  • Masih ada pertanyaan-pertanyaan alay yang terkadang malah bukan berupa pertanyaan
  • Dibutuhkan perbaikan dengan metode moderasi

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter