Transfer ilmu dan informasi bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dalam bentuk tulisan yang kemudian dibaca oleh orang lain. Dua subyek berbeda ini saling membutuhkan. Penulis membutuhkan pembaca untuk pengakuan karya, sebaliknya orang yang gemar membaca haus akan tulisan-tulisan baru baik berupa jurnal, karya ilmiah, puisi, cerpen dan novel.

Selain gaya dan jenis bacaannya yang terus berkembang, sarana penghantaran bacaan juga ikut berubah seiring perkembangan zaman. Jika dahulu orang membaca tulisan dari media kertas dan internet, kini muncul media baru dalam bentuk piranti lunak yang bisa diakses dari perangkat mobile dan tablet. Salah satunya adalah Wattpad, aplikasi yang mempertemukan penulis dan pembaca dalam platform yang ringkas, ringan dan menyenangkan.

Deskripsi

Apa itu Wattpad?

Wattpad adalah wadah digital bagi penulis dan pembaca di mana masing-masing dapat saling memberi manfaat. Pengguna yang punya kemampuan menulis cerita menjadi bagian penting bagi Wattpad karena merekalah yang menciptakan bacaaan-bacaan untuk yang pengguna yang berstatus sebagai pembaca. Penulis dapat mempromosikan tulisannya kepada jutaan pembaca Wattpad dan mengetahui kemampuan diri melalui umpan balik yang diberikan. Cakupan cerita di Wattpad mencakup berbagai genre mulai dari fiksi, non fiksi, puisi hingga sastra modern.

Di tahun pertama peluncurannya, Wattpad menambahkan sedikitnya 17.000 ebook baru dari Project Gutenberg dan dua tahun kemudian mencatatkan rekor unduhan di angka 5 juga. Di tahun yang sama versi iOS diluncurkan ke App Store yang makin memperluas jangkauan Wattpad. Popularitasnya yang kian melambung membuat Wattpad diganjar beberapa seri investasi, yang terbaru di bulan Januari 2018 mereka memperoleh pendanaan dari Tencent Holding Limited, BDC, Globe Telecom’s Kickstart Ventures, Peterson Group, Canso, dan Raine sebesar $51 juta.

Interface

Interface Wattpad didominasi warna oranye dan putih guna menonjolkan elemen teks sehingga memudahkan pengguna menikmati setiap katanya. Bagi pengguna yang baru saja membuka Wattpad akan disambut opsi untuk mendaftarkan akun baru. Pilihannya Facebook dan Gmail, bebas mau yang mana.

Screenshot_2018-04-02-08-59-53-436_wp.wattpad

 

Setelah login ke akun masing-masing, termasuk saya. Saya disuguhi lagi dengan interface dengan latar belakang oranye dan putih. Di panel Home, bisa dijumpai dua menu tab utama yaitu Browse dan Recommended. Menu Browse berisikan daftar genre cerita, antara lain Action, Adventure, Anime, Billionaire, ChikLit dan lain-lain. Kemudian menu Recommended berisikan koleksi cerita yang sedang populer yang di-bundling dalam tag, seperti Feature List dan nama-nama penulis-penulis populer. Menu Recommended memuat banyak sekali pilihan cerita yang bisa anda swipe sebanyak mungkin sampai Anda temukan cerita yang menarik.

Screenshot_2018-04-02-09-05-29-376_wp.wattpad

 

Di bagian dasar ada lima tombol utama, saya mulai dari yang paling kiri yaitu tombol Home ditandai dengan ikon berbentuk rumah. Dibaris kedua ada ikon susunan buku yang berisikan daftar bacaan saya mulai dari judul-judul cerita yang sedang saya baca, arsip dan daftar bacaan seperti halnya daftar putar di aplikasi pemutar audio.

Screenshot_2018-04-02-09-05-39-869_wp.wattpad

 

Di menu ketiga – ada di tengah – tampak ikon pensil yang ternyata menjadi alat perang para penulis di Wattpad. Jadi di menu ini, penulis mengirimkan karya mereka mulai dari cover, judul, deskripsi dan isi cerita per babnya. Semua disiapkan dengan sistemasi dan mudah oleh Wattpad. Jika ada perbaikan, penulis juga dengan mudah melakukan revisi melalui platform yang sama.

Screenshot_2018-04-02-09-05-29-376_wp.wattpad

 

Lanjut ke menu berikutnya, di mana terlihat tiba menu besar antara lain News Feed, Notification dan Message. News Feed memuat pembaruan-pembaruan dari teman misalnya rekomendasi cerita baru, cerita menarik dan lain-lain. Tab Notifications berisi daftar pemberitahuan yang bersifat lebih pribadi atau terkait dengan cerita Anda, bacaan atau tulisan yang Anda kirimkan. Sedangkan tab Message berfungsi seperti halnya aplikasi SMS di smartphone atau Inbox di Facebook, di mana Anda bisa saling berkirim pesan dengan kontak di Wattpad.

account

 

Menu terakhir di sisi paling kanan adalah panel akun yang menampilkan informasi pribadi Anda, misalnya nama, username, jumlah daftar bacaan, pengikut, aktivitas dan pengaturan untuk mengubah email, bahasa, notifikasi dan lain-lain.

Berdasarkan pengalaman singkat menggunakan Wattpad, saya cukup terkesan dengan kesederhaan yang disuguhkan. Semua interface tersusun rapi dan masing-masing menu dimuat dengan mulus, tanpa lag dan sesuai dengan peruntukannya. Secara umum saya tak menemukan kejanggalan atau elemen yang tidak pada tempatnya.

Fitur Wattpad

Sebagian besar fitur Wattpad sebenarnya sudah tercakup di dalam penjelasan Interface di atas. Tapi saya akan tambahkan beberapa fitur tambahan lain yang juga bisa dijumpai di dalamnya.

Format Huruf

Screenshot_2018-04-02-09-03-33-027_wp.wattpad

 

Pengembang Wattpad tampaknya tahu betul bahwa tak semua pengguna nyaman membaca novel melalui layar smartphone yang relatif kecil. Untuk itu, mereka menyediakan tool khusus untuk mengubah ukuran dan juga jenis huruf dan pengaturan ekstra, misalnya mengatur orientasi layar, menghilangkan komentar inline, status bar, modus bacaan dan juga tingkat kecerahan layar (selain pengaturan default dari perangkat).

Komentar

Screenshot_2018-04-02-09-03-04-297_wp.wattpad

Layaknya platform komunitas lainnya, Wattpad juga menyediakan kolom komentar untuk setiap bacaan. Melalui komentar, pembaca dapat memberikan input baik berupa saran atau kritikan kepada penulis. Sebaliknya, penulis juga bisa memberikan tanggapan untuk setiap masukan yang ia terima.

Vote

Selain berkomentar, sebagai bentuk apresiasi terhadap bacaan, pengguna juga bisa memberikan vote.

Share

Di bar yang sama dengan Vote, Anda juga bisa menemukan tombol Share untuk membagikan tulisan melalui aplikasi pihak ketiga misalnya WhatsApp, Facebook, Messenger, SMS, Email, Twitter dan lain sebagainya. Tapi di bar yang sama, Anda juga bisa menemukan tombol Facebook. Saya belum tahu apa bedanya dengan opsi di tombol Share sebelumnya. Bukankah fungsinya sama? Akan lebih baik jika spot tersebut ditempati oleh menu lain sehingga lebih efektif.

Invite Friends

Screenshot_2018-04-02-09-05-59-809_wp.wattpad

Di menu akun dan juga Message, Anda juga akan menemukan fitur undang teman. Fitur undang teman ini tidak merujuk pada tulisan tertentu, tetapi lebih pada mengajak agar teman yang punya kegemaran serupa mencoba menggunakan Wattpad.

Modus Offline

Fitur ini pastinya sangat berguna bagi pengguna Wattpad, karena dengannya mereka tidak harus membakar kuota data untuk membaca bacaan favoritnya. Sebagian besar bacaan di Wattpad mempunyai jumlah bab yang tidak sedikit, sehingga membutuhkan waktu cukup panjang untuk membacanya sampai tuntas. Pengguna bisa mengunduh novel favoritnya untuk dibaca lagi nanti di waktu senggang.

Tetapi tidak semua bacaan di Wattpad bisa Anda baca secara offline. Syarat utama untuk melakukannya adalah dengan memasukkan novel pilihan ke dalam Librabry.

Kesimpulan

Yang membuat saya jatuh cinta dengan Wattpad adalah koleksi bacaannya yang sangat banyak. Tetapi, kendati mendukung lebih dari 50 bahasa, mayoritas bacaan di sana berbahasa Inggris. Hal ini tampaknya menjadi kendala bagi pembaca di dalam negeri.

Wattpad juga bisa menjadi opsi baru bagi penulis pemula yang ingin mengasah kemampuan dan mengetahui seberapa jauh mereka sudah berkembang. Di Wattpad mereka bisa memperoleh umpan balik secara objektif, karena dari pantauan saya, sebagian besar pengguna Wattpad punya perilaku yang cukup dewasa dan fair.

Hanya bagian interface utama yang menurut saya bisa dikembangkan lebih jauh, terutama layar Home. Saya merasa akan lebih baik jika pengguna langsung menemukan opsi-opsi terbaik tanpa harus dilibatkan dalam pemilihan genre.

Sparks

  • Aplikasi berjalan sangat mulus dan cepat.
  • Koleksi bacaannya sangat banyak
  • Interface memudahkan pembaca untuk fokus pada tulisan, termasuk ketiadaan iklan.
  • Bisa dibaca secara offline.

Slacks

  • Interface utama kurang menarik, tidak menggugah hasrat untuk membaca novel-novel terbaik.
  • Tombol Facebook di bagian utama tulisan justru dirasa ambigu.
  • Komentar inline sering kali mengganggu perhatian pengguna saat membaca.
Application Information Will Show Up Here

 

Sumber tambahan Wikipedia, dan gambar header Wattpad.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.