Categories

Mobile

App Smokey Ubah Smartphone Tua Anda Jadi Alarm Kebakaran

App Smokey mengusung teknologi machine learning canggih, memanfaatkan microphone smartphone untuk mendeteksi suara alarm.

Yoga Wisesa - 15 August 2016

Apa yang biasanya Anda lakukan pada smartphone tua saat ia sudah digantikan oleh device yang lebih canggih? Mencoba menjualnya, atau memberikannya ke orang terdekat Anda? Pertanyaannya, apakah handset lawas tersebut betul-betul berguna buat mereka? CleverLoop punya satu solusi pintar, mampu mengubah smartphone Anda jadi perangkat keselamatan.

Perusahaan spesialis keamanan untuk rumah dan enterprise ini memperkenalkan Smokey. Smokey adalah sebuah aplikasi dengan konsep daur ulang, mampu menyulap smartphone yang tak lagi Anda pakai menjadi alarm kebakaran. Prosesnya sederhana, tidak membutuhkan modifikasi khusus pada hardware karena disajikan penuh secara software, dengan satu syarat: Anda harus mempunyai pendeteksi asap terlebih dulu di rumah.

Sudah seharusnya bunyi alarm kebakaran dapat didengar oleh penghuni rumah, tapi dalam beberapa kasus, suara tersebut tidak terdengar karena beberapa alasan. Boleh jadi Anda lagi asik menelepon atau sedang meninggalkan rumah sejenak. Smokey disiapkan sebagai sistem cadangan penting. Jika alarm berbunyi, Smokey segera memberi peringatan langsung pada user, disuguhkan berupa SMS atau email.

App Smokey mengusung teknologi machinelearning canggih, memanfaatkan microphone  smartphone untuk mendeteksi suara alarm. Smokey dan smartphone beroperasi secara real-time, dan cara kerjanya lebih kompleks dari dugaan Anda karena device juga harus sanggup menyaring bunyi-bunyian lain di sekitarnya serta mengetahui pola suara alarm. Notifikasi dikirim tanpa jeda, sehingga Anda bisa segera mengambil tindakan.

Cara menggunakan Smokey sangat mudah. Anda tinggal mengunduhnya dari Google Play ataupun Apple app store secara gratis. Selanjutnya, sambungkan smartphone lawas tersebut ke sumber tenaga, buka app, lalu masukkan nomor telepon atau email. Interface Smokey didesain agar mudah dimengerti sehingga tidak memerlukan tutorial. Anda juga tak perlu cemas soal aspek privasi karena suara-suara yang terdengar tidak akan direkam, disimpan atau dikirim ke luar rumah. Seandainya alarm menyala, Smokey akan mengirimkan peringatan lima detik sekali.

Dengan kehadiran Smokey, Anda tidak perlu lagi membeli perangkat detektor asap yang mahal. App ini mendukung hampir semua tipe alarm asap tradisional, memberikan fitur pintar bagi model-model lama tanpa menuntut Anda mengeluarkan uang.

Tentu saja, kompatibilitas pada handset merupakan aspek terpenting pada app. Smokey hanya membutuhkan ruang penyimpanan sebesar 3 sampai 5-megabyte, dapat berjalan di device dengan platform Android 4.0 atau iOS 7.0.

Sumber: CleverLoop.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter