Categories

Gadget

AirPods Pro Hadir Mengusung Desain yang Lebih Nyaman dan Active Noise Cancellation

Juga masih mempertahankan segala keunggulan versi standarnya

Glenn Kaonang - 31 October 2019

Apple diam-diam meluncurkan true wireless earphone baru. Dinamai AirPods Pro, sebenarnya tidak ada sesuatu yang terkesan profesional darinya, akan tetapi ia menawarkan sejumlah keunggulan yang tidak bisa kita dapat dari AirPods versi standar.

Keunggulan yang pertama adalah terkait desainnya. Seperti yang bisa kita lihat, masing-masing unitnya dilengkapi eartip silikon. Selain membantu menyempurnakan isolasi suara secara pasif, kehadiran eartip silikon ini juga memastikan perangkat tidak mudah terlepas dari telinga – salah satu ‘penyakit’ yang menjangkiti versi standarnya.

‘Tangkai’ yang menjulur ke luar juga tidak sepanjang versi biasanya, membuatnya kelihatan lebih low profile saat sedang digunakan. Apple mengklaim AirPods Pro telah mengantongi sertifikasi IPX4, yang berarti ia tetap bisa beroperasi dengan baik meski terguyur keringat atau dipakai saat hujan gerimis.

Apple AirPods Pro

Keunggulan lain yang absen dari versi standarnya adalah active noise cancellation (ANC), yang akan mengeliminasi suara luar secara lebih efektif berkat keterlibatan sepasang mikrofon di masing-masing unitnya. Agar tidak membuahkan sensasi seperti berada di ruang hampa udara, Apple turut menyematkan ventilasi udara kecil (garis hitam di sisi luar perangkat) pada AirPods Pro.

Fitur ANC ini bisa diaktifkan atau dinonaktifkan dengan mudah kapan saja pengguna mau, baik melalui Control Center di iPhone/iPad atau dengan menjepit dan menekan tangkainya yang pressure sensitive. Pengguna bahkan bisa memilih mode “Transparency”, yang justru akan menyelipkan sejumlah suara dari luar sehingga mereka tetap bisa mendengar suara dari sekitarnya – berguna semisal pengguna sedang menunggu pengumuman atau sejenisnya.

Apple AirPods Pro

Selebihnya, AirPods Pro tetap mempertahankan segala kelebihan versi standarnya, mulai dari proses pairing yang amat simpel, dukungan fitur “Hey Siri”, sampai daya tahan baterai hingga 5 jam pemakaian (4,5 jam kalau fitur ANC-nya aktif). Charging case-nya pun juga bisa menyuplai lebih dari 24 jam daya baterai ekstra meski bentuknya agak sedikit berbeda.

AirPods Pro saat ini sudah dipasarkan di lebih dari 25 negara. Di Amerika Serikat, harganya dipatok $249, atau $50 lebih mahal daripada AirPods versi standar yang datang bersama wireless charging case.

Sumber: Apple.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter