18 December 2012

by Iqbal Farabi

Apple Akan Gandeng Foursquare untuk Memperbaiki Data Apple Maps?

Aplikasi Apple Maps yang dirilis bersama dengan iOS 6 memang sudah cukup banyak membawa masalah bagi Apple. Setelah sebelumnya memecat manajer yang bertanggung jawab atas aplikasi ini, Apple kini dikabarkan sedang mencoba untuk memperbaiki data di aplikasi peta miliknya dengan menggandeng Foursquare. Berdasarkan informasi dari Wall Street Journal, wakil presiden Apple, Eddy Cue dikabarkan sudah melakukan komunikasi dengan Foursquare untuk membicarakan hal ini selama beberapa pekan terakhir.

Kisruh mengenai Apple Maps ini bermula dari tidak dimasukkannya aplikasi peta Google untuk iOS pada rilis iOS 6 bulan September lalu. Ternyata, aplikasi peta milik Apple sendiri kemudian memberikan hasil yang kurang memuaskan bagi para pengguna terutama untuk hal-hal yang berkaitan dengan data-data lokasi. Beberapa lokasi ternama ternyata diletakkan tidak pada tempat yang seharusnya pada Apple Maps. Google sendiri akhirnya sudah merilis kembali aplikasi Google Maps untuk iOS yang langsung disambut dengan antusiasme tinggi. ZDNet melaporkan bahwa dalam waktu 48 jam sejak dirilis, Google Maps sudah diunduh lebih dari 10 juta kali.

Jika benar Apple akhirnya bekerjasama dengan Foursquare untuk sumber data pada petanya, bisa jadi nantinya data peta milik Apple akan menjadi data yang sangat lengkap mengingat sangat antusiasnya para pengguna Foursquare dalam melakukan aktivitas di situs jejaring sosial berbasis lokasi tersebut. Pada April tahun ini saja, Foursquare sudah memiliki 20 juta pengguna dan 20 miliar titik check in di seluruh dunia.

Selain itu, masih menurut Wall Street Journal, Apple juga dikabarkan sedang membuka komunikasi dengan beberapa perusahaan lokal lainnya yang menyediakan data perpetaan.

 

Sumber: Wall Street Journal, ZDNet