Categories

Misc

Apple Bakal Pensiunkan iBooks Author dan iTunes U

Sebagian besar fiturnya sudah tersedia di aplikasi-aplikasi Apple lain

Glenn Kaonang - 11 June 2020

Mungkin tidak banyak yang menyadari, akan tetapi sejak iOS 12 dirilis, aplikasi iBooks sudah resmi berganti nama menjadi Apple Books. Lain ceritanya buat aplikasi iBooks Author, yang sudah tidak pernah mendapat update sejak September 2018.

Pada kenyataannya, Apple berniat memensiunkan iBooks Author dalam waktu dekat. Per tanggal 1 Juli 2020 nanti, pengguna tak lagi bisa mengunduh iBooks Author dari Mac App Store, kecuali mereka sudah pernah mengunduhnya sebelumnya.

Alasannya bukan semata karena iBooks sudah berganti nama begitu saja, melainkan karena sebagian besar fitur yang ditawarkan iBooks Author sudah tersedia di Pages. Tidak seperti iBooks Author yang hanya tersedia di macOS, Pages bisa kita gunakan di iPad dan iPhone sekaligus. Apple juga tak lupa memberikan panduan lengkap untuk berpindah dari iBooks Author ke Pages.

Selain iBooks Author, Apple juga berencana untuk memensiunkan platform pendidikan iTunes U pada akhir tahun 2021. Alasannya dikarenakan Apple sudah menawarkan berbagai aplikasi pendidikan seperti Classroom atau Schoolwork di iPad, dan beberapa aplikasi lainnya juga sudah menawarkan fitur-fitur spesifik untuk konteks pendidikan, dan itu semua sudah umum digunakan oleh para guru beserta muridnya.

Sebagai gantinya, Apple menyarankan para pengajar untuk memigrasikan konten-kontennya dari iTunes U ke Apple Podcasts atau Apple Books. Singkat cerita, daripada harus berhadapan dengan platform khusus pendidikan, Apple percaya konsumen bakal lebih mudah membuka kategori pendidikan di aplikasi Apple Podcasts dan Apple Books. Untuk materi pembelajaran yang bersifat tertutup dan dimaksudkan buat kalangan tertentu saja, Apple menganjurkan para pengajar untuk mendistribusikannya lewat aplikasi Schoolwork.

Sumber: 9to5Mac.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter