25 February 2015

by Aditya Daniel

Apple Berencana Uji Coba iOS 8.3 ke Publik Pertengahan Maret

Jika kita memperhatikan berita tentang sistem operasi mobile besutan Apple belakangan ini, maka kita akan tahu bahwa Apple sedang benar-benar menggarapnya dengan serius.

Dengan tujuan meminimalkan bug yang mungkin muncul ketika dirilis, Apple telah mengambil beberapa langkah uji coba seperti mengizinkan karyawan retailnya mencoba iOS 8.1.3 sebelum dirilis beberapa waktu lalu.

Tak hanya berhenti sampai di situ, Apple bahkan mengeluarkan dua iOS versi beta sekaligus yaitu iOS 8.2 dan 8.3 kepada para pengembang dan iOS 8.4 siap menyusul di belakangnya. Dan pembaharuan versi major dari iOS 8.2 yang diperkirakan akan hadir bulan Maret akan membawa aplikasi pendukung Apple Watch. Berita terbarunya adalah Apple akan membuka uji coba iOS 8.3 kepada publik pertengahan Maret yang akan datang.

Info Menarik: Aplikasi IFTTT Berganti Nama Menjadi IF, Sekaligus Luncurkan 3 Aplikasi Baru

Rencana ini mirip dengan apa yang Apple lakukan pada OS X Yosemite tahun lalu. Lewat AppleSeed program yang sama dengan OS X Yosemite, nantinya publik bisa mencoba versi iOS beta 8.3 dan memberikan umpan balik ataupun melaporkan bug yang ditemukan. Tentu saja, program uji coba ini berlaku bagi mereka yang sudah terdaftar dalam AppleSeed program oleh Apple.

Dan secara kebetulan, pertengahan Maret juga bersamaan dengan rilisnya versi beta ketiga dari iOS 8.3 di minggu yang sama. Memiliki codename Stowe menurut 9To5Mac, iOS 8.3 hadir dengan dukungan wireless Carplay, perubahan Emoji keyboard, perbaikan Siri, serta penyederhanaan login ke akun Google.

Info Menarik: Apple Hadirkan Aplikasi Photos di Versi Beta OS X Yosemite 10.10.3

Namun sepertinya Apple akan membatasi jumlah pengguna yang dapat mengakses versi beta iOS 8.3 miliknya. Jika sebelumnya, 1 juta pengguna dapat menggunakan versi publik beta dari OS X Yosemite maka untuk iOS 8.3 Apple akan membatasi hanya 100.000 pengguna.

Jika berita ini benar, maka iOS 8.3 akan menjadi versi iOS pertama yang mendapat uji coba publik pertama semenjak rilisnya iOS. iOS yang semakin kaya fitur pada iOS 8 menyebabkan cukup banyak bug yang mengurangi kenyamanan pengguna, upaya untuk melepaskan versi beta ke pengguna umum tentunya bisa disambut baik karena untuk memastikan munculnya bug sesedikit mungkin ketika rilis resmi dilakukan.

Sumber: MacRumors | 9To5Mac