1. Lifestyle

Apple Hadirkan Aplikasi Photos di Versi Beta OS X Yosemite 10.10.3

Pada tanggal 5 Februari yang lalu, Apple merilis OS X Yosemite 10.10.3 versi beta kepada para pengembang terdaftar dan bisa didapatkan melalui mekanisme Software Update Mac Dev Center. Pembaharuan ini juga sekaligus membawa aplikasi resmi Photos yang dijanjikan oleh Apple pada WWDC yang lalu.

Aplikasi Photos digadang-gadang akan menjadi salah satu aplikasi tunggal untuk menggantikan iPhoto dan Aperture yang memungkinkan pengguna untuk mengorganisir serta mengolah secara langsung koleksi foto yang dimilikinya. Kehadiran aplikasi Photos pada OS X Yosemite 10.10.3 versi beta cukup mengejutkan, pasalnya beberapa hari sebelum dirilis, Apple menarik halaman website yang menampilkan aplikasi Photos ini.

 

Info Menarik: Aplikasi iOS Pilihan Untuk Pecinta Fotografi

 

Jika Anda sudah menggunakan perangkat iOS yang sudah mendukung iOS 8 maka kesan baru namun familiar akan terasa begitu mencoba aplikasi Photos ini. Selaras dengan OS X Yosemite, aplikasi Photos memiliki UI blur dan kesan datar. Foto-foto yang tersimpan akan dikategorikan berdasarkan waktu dan tempat diambilnya dan aplikasi Photos akan menampilkan thumbnail berdasarkan kategori Moments, Collections dan Years.

Tak hanya berfungsi sebagai alat organisir foto yang disimpan, namun aplikasi Photos juga menyediakan sejumlah fitur editing tools seperti: Enhance, Rotate, Crop, Filters, Adjust dan Retouch. Jika tak ingin pusing, Apple juga menyediakan tombol Auto yang menyediakan pengaturan terbaik bagi foto Anda. Meski editing tools yang ditawarkan cukup memadai namun jika dibandingkan dengan Aperture maka jelas fitur yang ada di Photos app tak selengkap Aperture.

 

Info Menarik: Aplikasi Cleen, Permudah Organisir Foto di iPhone atau iPad

 

Salah satu fitur lain dari aplikasi Photos app adalah kemampuan sinkronisasi dengan iCloud Photo Library yang ada dalam setiap perangkat Apple yang Anda miliki. Tak ketinggalan, foto yang telah telah di-edit dan simpan, hasilnya juga akan tersinkron ke semua perangkat yang terhubung dengan Apple ID yang sama. Terlihat menarik, bukan?

Tapi tunggu dulu, sejak mengenalkan iCloud Drive Apple hanya memberikan ruang penyimpanan gratis sebesar 5GB untuk setiap Apple ID. Bayangkan jika Anda memiliki beberapa perangkat iOS dan aktif mengambil foto serta semuanya tersinkronisasi melalui satu Apple ID yang sama?

 

Lebih lagi, kualitas kamera yang ada pada perangkat iOS semakin baik setiap tahunnya, ukuran foto yang diambil juga pasti semakin besar. Sebagai contoh, iPhone 5 saja bisa menghasilkan gambar dengan ukuran hampir 2 MB untuk sebuah foto, bagaimana dengan iPhone yang lebih baru dengan kualitas kamera lebih baik? Jangan lupa juga, Apple masih menyediakan perangkat iOS berkapasitas 16 GB.

Sinkronisasi. Masalah selanjutnya yang Apple harus atasi. iCloud sebagai layanan penyimpanan awan milik Apple tak lepas dari masalah sinkronisasi yang kadang tak berjalan sebagai mana mestinya. Fitur sinkronisasi secara selektif juga mungkin dapat ditambahkan sehingga pengguna bisa memilih foto mana yang akan tersinkronkan ke semua perangkat iOS-nya.

 

Info Menarik: Fitur Zoom dan Berbagi Lewat Email Kini Hadir di Aplikasi Foto iCloud

 

Jangan lupakan faktor keamanan. Masih ingat kasus pembobolan layanan iCloud beberapa selebritis Holywood yang lalu?

Aplikasi Photos memang masih dalam tahap beta dan tentu saja masih akan ada perbaikan di layanannya, meski demikian aplikasi ini telah banyak mendapatkan respon positif atas kehadirannya.

Oh ya, untuk mengetahui seperti apa nantinya aplikasi Photos untuk perangkat Mac, silahkan akses lewat laman ini ya. Bagaimana menurut Anda tentang aplikasi Photos ini? Sampaikan di kolom komentar di bawah ya!

Sumber: MacRumors | Re/Code.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again