Gadget

Apple Resmi Rilis iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, Tersedia di Pasaran Mulai 19 September

Acara yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba juga, dimana pada tanggal 9 September 2014 tepat pukul 10:00 pagi waktu Amerika atau pukul 00:00 pagi (10 September) waktu Indonesia, Apple telah resmi merilis dua buah smartphone terbarunya yakni iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Perangkat yang juga dijejali dengan sistem terbaru iOS 8 itu akan tersedia di pasaran pada tanggal 19 September 2014 nanti.

Dua tipe iPhone Terbaru

Seperti yang telah dirumorkan sebelumnya, kedua tipe iPhone 6 itu hadir dengan ukuran layar masing-masing 4,7 inci dan 5,5 inci.

Seperti yang kami kutip dari event live streaming yang disiarkan melalui situs Apple.com, kedua smartphone itu hadir dengan layar retina dimana Apple menyebutnya dengan istilah Retina HD, untuk layar iPhone 6 dijejali dengan 326ppi dan resolusi 1334x750 HD pixsel, sedangkan untuk iPhone 6 Plus yang memiliki ukuran layar 5,5 inci memiliki 401ppi dengan resolusi 1920x1080 HD pixsel.

Layar besar yang disematkan Apple pada kedua model iPhone terbaru ini bukan tanpa alasan. Seperti yang diungkapkan CEO Apple, Tim Cook, selain Apple ingin memberikan 'sejarah baru' untuk smartphone produksinya, Apple juga ingin memberikan pengalaman baru kepada pengguna saat mereka melihat SMS, aplikasi cuaca, e-mail, saat browsing web dan lainnya.

Selain itu dua generasi iPhone ini kini dilengkapi dengan keyboard yang bisa dimunculkan atau dihilangkan melalui tombol khusus, ini membawa babak baru dari UI yang dihadirkan oleh Apple di perangkat mereka.

Walaupun memiliki layar besar, Apple iPhone 6 maupun iPhone 6 Plus akan dapat dioperasikan dengan satu tangan, kedua model iPhone ini memiliki ketebalan yang lebih tipis dari versi sebelumnya.

iPhone 6 yang memiliki ukuran layar 4.7 inci itu memiliki ketabalan 6.8 mm sedangkan iphone 6 Plus yang memiliki ukuran layar 5.5 inci itu memiliki ketebalan 7.1 mm, sedangkan kita tahu bahwa iPhone 5S yang hanya memiliki ukuran layar 4 inci itu memiliki ketebalan 7.6 mm.

Sayangnya, layar yang digunakan kedua varian iPhone 6 tidak menggunakan bahan safir seperti yang dirumorkan sebelumnya, namun menggunakan bahan ion strenghened glass yang diklaim memiliki kekuatan yang lebih baik dari layar kaca iPhone versi yang lama.

Prosesor

Apple iPhone 6 juga diotaki dengan prosesor A8, ini adalah prosesor generasi kedua dari prosesor 64-bit besutan Apple. Phill Schiller selaku Chief Marketing Officer Apple mengklaim bahwa prosesor yang terdapat pada iPhone 6 ini memiliki performa 25% lebih cepat sedangkan prosesor grafisnya 50% lebih baik dari prosesor versi sebelumnya.

Prosesor baru ini juga memiliki modul sensor baru didalamya yakni barometer sensor yang berfungsi untuk mengukur ketinggian. Untuk memaksimalkan fungsi sensor ini, Apple telah bekerja sama dengan Nike yang telah membuat aplikasi khusus, misalnya aplikasi yang dapat memeriksa berapa banyak anak tangga yang telah dinaiki pengguna.

Selain itu, prosesor ini juga memiliki fitur untuk memproses kemampuan kamera agar dapat mendeteksi wajah dengan cepat serta menghasilkan kamera resolusi tinggi yang menghasilkan foto panorama dengan kualitas 43 megapiksel.

Kamera

Apple telah meyematkan kamera iSight 8 megapiksel pada kedua jenis iPhone 6 ini, dimana selain memiliki kemampuan untuk mengenali wajah, sensor kamera ini juga mampu mengenali kedipan dan senyuman dari objek yang diambilnya.

Selain itu kamera pada generasi terbaru iPhone ini juga memiliki kemampuan algoritma untuk mengambil salah satu foto terbaik dari serangkaian foto yang sama yang ditangkap oleh kamera perangkat. Kamera pada iPhone 6 hanya memiliki fitur digital image stabilization, sedangkan fitur optical image stabilization terdapat pada iPhone 6 Plus.

Namun begitu, kedua model iPhone ini mampu untuk menangkap video dengan kualitas 1080p HD baik dengan mode 30fps maupun 60fps ataupun juga menangkan video dengan mode gerak lambat pada 120fps atau 240fps. Kamera juga memilik fitur autofocus selama pengambilan video dan dapat merekam video dengan mode HDR.

Apple juga telah meningkatkan kamera bagian depan atau dalam istilah Apple adalah kamera FaceTime dengan menambahkan fitur face detection untuk menghasilkan fokus yang lebih baik dan kini kamera bagian depan memiliki fitur HDR juga.

Fitur NFC

NFC (Near Field Communication) disebut-sebut sebagai fitur baru yang dunggulkan pada kedua model iPhone 6 ini, salah satu fasilitas yang ditonjolkan pada acara kemarin adalah Apple Pay yang merupakan sistem pembayaran untuk para pengguna iPhone generasi baru.

Dengan Apple Pay pengguna bisa membeli barang dan melakukan pembayaran hanya dengan menyentuhkan smartphone pada perangkat NFC tertentu. Pengguna bisa merekam informasi kartu kredit mereka dan menambahkan pada aplikasi Passbook terbaru dengan memfoto kartu kredit, iPhone akan merekam hasil foto ini dan pengguna dapat menambahkan infomasi detail dari kartu kredit untuk selanjutnya disimpan dan nantinya digunakan untuk membayar.

Sistem pembayaran yang baru tersedia di AS sebagai langkah awal ini juga didukung oleh Visa, MasterCard, and American Express serta enam buah bank di Amerika, jumlah bank akan bertambah dalam waktu dekat.

Beberapa outlet yang akan bisa menggunakan fitur ini antara lain Macy's, Walgreens, Duane Reed, McDonald dan lainnya, menurut informasi ada lebih dari 220 ribu outlet termasuk toko fisik Apple. Untuk yang online, pengguna juga bisa menggunakan layanan ini di Groupon, Uber dan Panera.

Sebagai informasi tambahan iPhone 6 menggunakan standar WiFi 802.11ac dimana standar WiFi ini memiliki kecepatan tiga kali lebih baik dari standar WiFi yang terdapat pada iPhone 5S. iPhone 6 juga dilengkapi dengan fitur Voice over LTE (atau dikenal juga sevagai VoLTE) yang secara teori memilik kecepatan downlink hingga 150Mbps.

Sayangnya, dalam acara kemarin Apple tidak menyebutkan berapa besaran mAh yang terdapat pada perangkat iPhone 6 ini, namun pihak Apple mengatakan bahwa prosesor A8 dengan co-prosesor M8 yang baru ini memiliki efisiensi yang lebih baik dalam hal penggunaan baterai. Berikut ditampilkan informasi penggunaan baterai pada iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang dikutip dari situs Apple.com.

Tanggal Hadir

Apple 6 akan hadir dalam tiga warna berbeda yakni Gold, Silver dan Space Grey dan akan tersedia dipasaran pada tanggal 19 September tahun ini. Dengan negara pertama yang akan tersedia di beberapa negara dulu baru meluas di akhir tahun 2015. Untuk pre-order akan bisa dilakukan tanggal 12 September di AS, Australia, Kanada, Perancis, Jerman, Hong Kong, Jepang, Puerto Rico, dan Singapura.

Untuk harga sendiri akan ada beberapa jenis iPhone yang disesuaikan dengan kapasitas memori. Kali ini Apple telah menyediakan tiga varian memory yakni, 16GB, 64Gb dan 128GB. Dimana saat ini Apple tidak lagi menawarkan ukuran memory sebesar 32GB pada varian iPhone 6 tersebut.

Sebagai gambaran untuk di Singapura harganya jualnya adalah: iPhone 6 16GB S$ 988, 64GB S$ 1.148 dan 128GB S$1288 sedangkan iPhone 6 Plus 16GB S$ 1.148, 64GB S$ 1.288 dan 128GB S$1448. Belum ada kabar, berapa harga jual iPhone 6 untuk pasar Indonesia tapi tentunya akan lebih mahal dari yang di Singapura.

Bagi Anda yang ketinggalan acara peluncuran perangkat iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, Anda bisa menontonnya lewat tautan berikut ini.

Sumber artikel: CNet dan streaming acara | Gambar Header: Apple.com

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter