26 August 2020

by Lukman Azis

Apple Hadirkan Fitur Smart Conform di Final Cut Pro X, Mudahkan Pembuatan Video Vertikal

Juga membuat pengeditan video jarak jauh dan kolaborasi lebih mudah

Apple telah mengumumkan major update untuk Final Cut Pro X, pembaruan versi 10.4.9 ini membawa sejumlah peningkatan dan fitur baru. Salah satunya Smart Conform berbasis machine learning yang dapat secara otomatis melakukan crop video dalam ukuran tertentu seperti persegi, vertikal, dan ukuran lainnya untuk platform media sosial seperti Instagram, TikTok, dan sebagainya.

Final Cut Pro X akan menganalisis klip untuk mencari 'gerakan yang dominan' dan memangkasnya dengan cara yang menurutnya paling efektif. Kita dapat memposisikan ulang secara manual, jika crop otomatisnya dirasa kurang tepat. Kita juga bisa menggunakan overlay khusus sebagai panduan untuk menempatkan grafik dan teks pada video.

Pembaruan baru ini juga membawa peningkatan dalam membuat dan mengelola media proxy yang memberi editor portabilitas dan performa saat bekerja dengan format resolusi besar atau saat berkolaborasi dari jarak jauh. Untuk pertama kalinya dalam Final Cut Pro X, kita dapat membuat proxy dalam ProRes Proxy atau H.264 dalam dimensi sekecil 12,5 persen dari aslinya.

Kita dapat menggabungkan media proxy, gambar, dan audio ke drive eksternal atau yang terhubung ke jaringan. Library Final Cut Pro juga dapat ditautkan kembali ke proxy yang sudah dibuat untuk fleksibilitas tambahan.

Selain itu, profesional video sekarang dapat bekerja lebih efisien dengan serangkaian peningkatan workflow baru di Final Cut Pro X. Pengaturan kamera ProRes RAW, seperti ISO, color temperature, dan exposure compensation dapat diseseuaikan di inspector.

Kemudian plug-in baru untuk file Canon Cinema RAW Light dan RED RAW yang menambahkan dukungan Metal. Transcoding video 8K RED RAW ke ProRes 422 dua kali lebih cepat di Mac Pro dan tiga kali lebih cepat di MacBook Pro. Juga sekarang editor Final Cut Pro dapat memutar dan mengedit Canon Cinema RAW Light 8K.

Dibanding dengan softwareedit video Adobe Premiere Pro yang mengharuskan kita untuk berlangganan, Final Cut Pro bisa dibeli seharga US$299.99 atau sekitar Rp4,3 jutaan. Namun Final Cut Pro ini hanya tersedia untuk komputer berbasis MacOS saja.

Sumber: Apple