Categories

Mobile

Apple Hadirkan Interaksi Baru ‘3D Touch’ Pada iPhone 6S dan 6S Plus

Aditya Daniel - 11 September 2015

Resmi sudah iPhone 6S dan iPhone 6S Plus sebagai generasi iPhone teranyar yang diumumkan pada Apple Event beberapa hari lalu.

Kehadiran dua perangkat smartphone bikinan Apple ini membawa peningkatan seperti rumor yang telah kita dengan berapa bulan belakangan. Menggunakan Alumunium 7000 series yang diklaim tidak mudah bengkok sebagai rangka utama, iPhone 6S dan 6S Plus merupakan iPhone paling mutakhir seperti yang disebut oleh Tim Cook, sang CEO.

Tak hanya rangka yang lebih kokoh dan tahan bengkok, iPhone 6S dan 6S Plus membawa peningkatan kamera menjadi 12MP yang mampu merekam video 4K, Touch ID generasi ke dua yang diklaim lebih baik, serta teknologi anyar bernama 3D Touch.

3D Touch adalah fitur anyar yang hanya terdapat pada iPhone 6S dan 6S Plus. Pada dasarnya 3D Touch mirip dengan fitur Force Touch yang sudah disematkan pada Apple Watch dengan beberapa peningkatan pengalaman penggunaan. Keduanya dapat berjalan berkat modul Taptic Engine. 3D Touch pada iPhone terbaru mampu mengenali sentuhan dan kekuatan tekanan yang diberikan pada layar.

Info Menarik:Diklaim Sebagai yang Terbaik, iPhone 6s dan iPhone 6s Plus Resmi Diperkenalkan

Perbedaan kekuatan tekanan pada layar yang dilakukan oleh user ini akan membuat iOS memberikan respon UI yang berbeda juga. Pada iPhone 6S dan 6S Plus, sentuhan atau tekanan yang diberikan pada layar dapat dikenali dengan adanya Capacitive sensor. Setidaknya ada 3 level sentuhan hingga tekanan yang dapat dilakukan pengguna.

Dari demo yang dilakukan oleh Craig Federighi pada acara kemarin, fitur ini bisa dengan cepat mengambil selfie dengan mengakses ikon Camera menggunakan 3D Touch. Contoh penggunaan yang lainnya dari demo adalah pada aplikasi Mail. Dari list e-mail pada inbox, tekanan ringan pada sebuah email yang diterima akan menampilkan jendela kecil preview dari isi email tersebut. Jika layar ditekan lebih dalam lagi, iOS akan membawa kita ke dalam tampilan e-mail secara penuh.

3dtouch_mail

Pada homescreen, Anda bisa dengan cepat melakukan panggilan dengan mengakses ikon Phone menggunakan 3D Touch.

3dtouch_quickactions

 

Jika masih penasaran tentang 3D Touch, simak video berikut:

 

Selain video di atas, Anda bisa mengetahui 3D Touch lebih lagi lewat tautan ini dan yang satu ini.

3D Touch dapat menjadi salah satu interaksi tambahan yang bisa dilakukan pengguna pada perangkat iPhone. Selain memperkaya pengalaman pengguna, 3D Touch dapat menjadi shortcut untuk melakukan sesuatu aktivitas lebih cepat.

Sumber: iMore | Apple.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter