Categories

Mobile

Apple Hadirkan Proactive Assistant Siri, Asisten Virtual Sepintar Google Now

Bambang Winarso - 9 June 2015

Di ajang WWDC 2015 yang digelar semalam waktu Indonesia, Apple mengumumkan beberapa hal menarik. Salah satunya adalah update terbaru Siri yang disebut, Proactive Assistant. Teknologi asisten virtual yang disebut-sebut akan jadi rival Google Now dan jadi salah satu amunisi di iOS 9.

Disajikan langsung oleh Vice Predisent of Software Engineering Apple, Craig Federighi. Proactive digambarkan sebagai asisten virtual yang menawarkan level baru bagi kemudahan pengguna iOS. Proactive adalah kombinasi dari Google Now dan tool serupa dimana ia mampu memprediksi apa yang dibutuhkan oleh pengguna bahkan ketika belum terpikir oleh pengguna.

Misalnya mampu menampilkan foto terkini, membuat reminder soal halaman web, konten aplikasi di waktu-waktu tertntu, mendeteksi kapan Anda mengendarai mobil dan juga mengadopsi interface yang dimiliki oleh Apple Watch.

proactive assistant_2

Sistem baru ini bahkan mampu secara otomatis menemukan nomor yang tidak dikenal dengan cara menggali email guna mengetahui siapa gerangan yang memanggil. Seperti halnya Google Now, Proactive juga punya kemampuan menampilkan berbagai informasi terbaru di layar lockscreen, termasuk menampilkan Now Playing dan menyarankan aplikasi yang bisa dipergunakan di waktu tertentu, di pagi, siang atau malam hari.

Info Menarik:Kini Perangkat dengan Dukungan HomeKit dari Apple Sudah Mulai Tersedia

Sebagai contoh, di saat bangun tidur, iOS akan secara otomatis menampilkan ikon Facebook di layar ponsel. Kemampuan ini akan terus berkembang seiring sistem mengenali pola pemakaian aplikasi dan waktu penggunaannya.

proactive assistant_1

Tak berhenti di situ, Proactive juga dirancang untuk mampu memberikan saran kapan harus menuju atau meninggalkan airport berdasarkan kalender kegiatan atau boardingpass yang tersimpan di Passbook. Entri lokasi di dalam kalender juga akan memicu aplikasi untuk memberikan pemberitahuan secara berkala tepat ketika dibutuhkan.

Apple juga menambahkan beberapa widget baru yang akan ditempatkan di Spotlight tepat di bawah kotak pencarian. Misalnya informasi kontak yang baru saja dihubungi, jadwal kegiatan dan Passbook pass.

Info Menarik:Apple Lepas Varian Baru MacBook Pro 15 Inci dan iMac yang Lebih Terjangkau

Widget-widget ini akan tampil dengan sendirinya tanpa diminta, misalnya ketika Anda punya rencana makan malam atau menonton konser yang sebelumnya sudah disimpan di kalender dan Passbook. Maka Spotlight akan menyediakan akses cepat ke informasi tiket sebelum konser dimulai. Begitu juga dengan informasi tempat-tempat menarik di sekitar lokasi pengguna sedang berada.

https://www.youtube.com/watch?v=K1lE-t85dVI

Sumber berita Thenextweb.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter