Categories

Gadget

Apple iPad mini Punya Desain Baru & iPad 10.2 Dilengkapi Fitur Center Stage

Selain itu, Apple Watch Series 7 hadir dengan layar lebih besar

Lukman Azis - 15 September 2021

Pada Apple Event tahun ini, Apple memperkenalkan iPhone 13, iPhone 13 Pro, iPad 9 dan iPad mini baru, serta Apple Watch Series 7. Tentu saja iPhone 13 menjadi sorotan utama, namun kejutan terbesar di acara tersebut ialah iPad mini yang benar-benar baru.

Sudah sekitar dua setengah tahun sejak Apple merilis iPad mini 5 (2019), akhirnya iPad mini membawa desain baru 'all‑screen' seperti iPad Air dan iPad Pro. Selamat tinggal bezel layar tebal dan tombol home ikonik yang menghiasi bagian bawah layar, iPad mini terbaru memiliki bezel sekeliling layar yang tipis dengan sudut membulat.

Berkat desain all-screen, Apple dapat menjejalkan layar Liquid Retina lebih besar 8,3 inci sambil mempertahankan dimensi bodi ultra-portable yang sama. Layarnya menggunakan panel IPS beresolusi 2266x1488 piksel yang menghasilkan kerapatan 326 ppi dengan reflektifitas rendah. Dilengkapi teknologi True Tone, tingkat kecerahan 500 nit, dan mendukung P3 wide color gamut.

Lokasi sensor Touch ID dipindahkan ke sisi atas sebelah kanan, bersama tombol volume di sisi atas sebelah kiri. Tablet ini juga memiliki dua mikrofon, speaker stereo di sisi atas dan bawah, port USB type-C, dan magnetic connector untuk mengisi daya Apple Pencil generasi ke-2.

Fitur baru Center Stage juga hadir di iPad mini baru bersama kamera depan baru 12MP ultra-wide. Singkatnya lewat fitur ini memungkinkan pengguna tetap berada di posisi tengah saat panggilan video, kamera akan secara otomatis bergerak agar pengguna tetap berada di dalam frame.

Pembaruan penting lainnya ialah chip A15 Bionic baru. Dengan CPU 6-core yang menghadirkan lompatan performa 40 persen lebih cepat, GPU 5-core dengan peningkatan performa grafis 80 persen, dan Neural Engine 16-core yang dapat mengolah tugas machine learning 2x lebih cepat daripada generasi sebelumnya.

iPad 10.2 (2021)

Model paling dasar dari iPad ini masih datang dengan desain dan ukuran layar yang sama seperti pendahulunya. Artinya ia tetap kompatibel dengan berbagai aksesori yang sudah tersedia untuk iPad 10.2 generasi sebelumnya termasuk dukungan Apple Pencil generasi pertama.

Pembaruan kali ini, tablet entry-level Apple generasi ke-9 kebagian fitur True Tone yang dapat menyesuaikan warna dan intensitas layar secara otomatis agar sesuai dengan pencahayaan di sekitar sehingga lebih nyaman saat digunakan. Kamera depan juga ditingkatkan menjadi 12MP Ultra Wide dilengkapi dengan fitur Center Stage sama seperti iPad mini baru.

Selain itu, iPad 10.2 (2021) kini ditenagai chip A13 Bionic dengan Neural Engine yang menghadirkan peningkatan performa 20 persen dari generasi sebelumnya. Apple juga akhirnya meningkatkan kapasitas penyimpanan internal dasar menjadi 64GB.

Harga iPad 10.2 (2021) dimulai dari US$329 (Rp4,6 jutaan) untuk model WiFi only dan mulai dari US$459 (Rp6,5 jutaan) untuk versi seluler. Sementara, untuk iPad mini baru dibanderol mulai dari US$499 (Rp7,1 jutaan) untuk model WiFi only dan mulai dari US$649 (Rp9,2 jutaan) untuk versi 5G.

Apple Watch Series 7

Smartwatch terbaru Apple ini menampilkan retina display 20% lebih besar dalam ukuran yang tak jauh berbeda dan punya mode always-on screen kini 70% lebih terang. Apple meningkatkan rasio layar dengan bezel lebih tipis yakni 1,7mm, border tersebut 40% lebih ramping daripada Apple Watch Series 6.

Apple menyempurnakan desain Watch Series 7 dengan sudut yang lebih lembut dan lebih membulat. Serta, menggunakan cover dari kaca yang lebih tahan terhadap retak. Bodinya mengantongi sertifikasi IP6X sehingga mampu bertahan di lingkungan yang berdebu dan ketahanan air WR50.

Layar yang lebih besar juga dioptimalkan dengan user interface baru, yang menawarkan keterbacaan dan kemudahan pengoperasian yang lebih baik. Notifikasi dapat menampilkan lebih banyak teks dan kini dilengkapi keyboard QWERTY untuk menjawab pesan.

Selain perubahan desain, Watch Series 7 dan Series 6 masih berbagi spesifikasi yang identik, termasuk dari sensor dan prosesor. Jam tangan pintar ini juga menawarkan daya tahan baterai hingga 18 jam, dengan pengisian daya melalui USB tipe-C yang 33 persen lebih cepat. Harga Apple Watch Series 7 akan dibanderol mulai US$399 (Rp5,6 jutaan).

Sumber: Apple Newsroom

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter