Categories

Gadget

Apple Luncurkan iPad Pro Generasi Keempat, Kini Dilengkapi Kamera Ganda dan Sensor LiDAR

Juga datang bersama keyboard cover opsional yang dilengkapi trackpad dan dihargai luar biasa mahal

Glenn Kaonang - 19 March 2020

Tanpa mengadakan event seperti biasanya, Apple meluncurkan iPad Pro generasi terbaru. Sepintas fisiknya tampak identik seperti iPad Pro generasi ketiga yang dirilis di tahun 2018, akan tetapi Apple tentu sudah menerapkan cukup banyak penyempurnaan yang tidak kelihatan secara kasat mata.

Kita mulai dari performanya. iPad Pro generasi keempat ditenagai oleh chipset A12Z Bionic yang terdiri dari prosesor 8-core dan GPU 8-core. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya (A12X), A12Z unggul perihal performa grafis berkat jumlah inti GPU yang lebih banyak serta arsitektur thermal yang lebih baik.

Seperti sebelumnya, iPad Pro edisi 2020 hadir dalam dua ukuran layar yang berbeda: 11 inci dan 12,9 inci. Keduanya sama-sama dibekali layar IPS beresolusi tinggi dengan kepadatan pixel 264 ppi dan refresh rate 120 Hz. Layarnya tetap tidak dilengkapi sensor sidik jari, dan mekanisme biometriknya tetap mengandalkan sistem face unlock.

iPad Pro 4th generation

Perubahan lain yang tidak terlihat – tapi bakal terdengar – adalah lima buah mikrofon yang tertanam. Apple yakin konfigurasi seperti ini mampu menangkap audio yang jernih dan mendetail, dan alhasil iPad Pro generasi keempat dapat difungsikan sebagai ‘studio berjalan’ untuk para podcaster, videografer maupun kreator konten lainnya.

Namun perubahan terbesar yang dihadirkan mungkin adalah di sektor kamera. Seperti yang bisa kita lihat, iPad Pro generasi keempat mengemas dua kamera belakang: standar 12 megapixel, ultra-wide 10 megapixel. Kenapa tidak tiga sekalian? Karena ruang untuk kamera ketiganya telah dihuni oleh sensor LiDAR.

Ya, LiDAR seperti yang banyak digunakan di mobil kemudi otomatis. Kegunaannya di sini adalah untuk mendongkrak kinerja augmented reality (AR) dari iPad Pro secara dramatis. Kehadiran LiDAR diyakini bakal merealisasikan kalkulasi yang lebih cepat sekaligus lebih akurat pada aplikasi-aplikasi AR di iPad Pro.

iPad Pro 4th generation

Urusan aksesori, iPad Pro generasi keempat datang bersama keyboard cover yang dilengkapi trackpad, persis seperti yang dirumorkan belum lama ini. Itu berarti versi anyar iPadOS sudah mendukung trackpad secara default, dan uniknya pointer mouse di iPadOS tidak berbentuk anak panah seperti yang kita kenal, melainkan lingkaran kecil yang hanya akan muncul ketika diperlukan.

Sayangnya aksesori bernama Magic Keyboard ini luar biasa mahal: $299 untuk model 11 inci, atau $349 untuk model 12,9 inci, seharga sebuah iPad 10,2 inci. Kabar baiknya, iPad 10,2 inci juga akan kedatangan iPadOS versi baru dengan dukungan trackpad yang sama, dan untuk memanfaatkannya kita bisa menggunakan keyboard cover serupa dari Logitech yang dihargai cuma separuhnya.

Apple saat ini telah memasarkan iPad Pro generasi keempat dengan harga mulai $799 untuk model 11 inci, atau $999 untuk model 12,9 inci. Selain varian Wi-Fi only, iPad Pro juga tersedia dalam varian yang mendukung jaringan LTE. Pilihan kapasitas storage-nya sendiri mencakup 128 GB, 256 GB, 512 GB, dan 1 TB.

Sumber: Apple.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter