4 April 2017

by Glenn Kaonang

Apple Dikabarkan Bakal Merancang Chip Grafisnya Sendiri untuk iPhone dan iPad

Hasilnya bisa dilihat paling cepat tahun depan

Tahun depan, iPhone dan iPad anyar yang dirilis kemungkinan bakal mengusung chip grafis alias GPU buatan Apple sendiri. Kabar ini disampaikan sendiri oleh Imagination Technologies, perusahaan asal Inggris yang selama ini bertanggung jawab memasok GPU PowerVR yang tertanam di perangkat iOS.

Transisi ini akan berlangsung selama 15 sampai 24 bulan ke depan. Hal ini bisa diartikan iPhone generasi baru yang bakal diungkap Apple pada bulan September masih menggunakan GPU PowerVR, dan kita baru bisa melihat GPU racikan Apple sendiri paling cepat tahun depan.

Tentu saja ini merupakan kabar yang kurang mengenakkan buat Imagination, apalagi mengingat separuh dari pendapatannya berasal dari royalti yang dibayarkan Apple. Kendati demikian, Imagination merasa skeptis Apple bisa merancang chip grafis sendiri tanpa melanggar paten yang dimilikinya.

Menurut Imagination, mendesain arsitektur GPU baru dari nol dan tanpa mencuri properti intelektualnya sangatlah sulit. Lebih lanjut, sejauh ini belum ada bukti dalam bentuk apapun kalau Apple benar-benar sudah tidak lagi membutuhkan bantuan Imagination dalam konteks ini.

Seandainya Apple bisa menciptakan arsitektur GPU baru yang cukup radikal dan tidak mirip-mirip seperti yang ada sekarang, Imagination tidak akan mempermasalahkannya dan mereka pun harus rela kehilangan salah satu klien terbesarnya. Sebelum itu terjadi, Imagination tampaknya akan mendiskusikan alternatifnya terlebih dulu dengan Apple.

Tujuan yang ingin dicapai Apple adalah memegang kontrol yang lebih besar atas perangkat buatannya, yang kemudian bisa berdampak positif pada performa perangkat karena Apple dapat mengoptimalkan hardware dan software-nya secara lebih leluasa. Dalam konteks GPU, keputusan Apple ini bisa berujung pada performa gaming perangkat iOS yang semakin mendekati console.

Sumber: The Verge dan Imagination Technologies. Gambar header: Pexels.