5 April 2017

by Glenn Kaonang

Sedang Kerjakan Mac Pro Generasi Baru, Apple Juga Akan Rilis iMac Baru untuk Kalangan Pro Tahun Ini

Mac Pro generasi terbaru ini akan kembali mengusung desain yang modular, sedangkan iMac kelas pro yang dimaksud dipastikan tidak mengemas touchscreen

Berbekal prosesor Intel Xeon dan sepasang kartu grafis AMD FirePro, Mac Pro merupakan komputer paling perkasa yang pernah Apple buat. Pun begitu, Desember nanti perangkat tersebut resmi berusia empat tahun, dan konsumen pun mulai berasumsi Apple sudah melupakannya.

Akan tetapi berdasarkan pertemuan para petinggi Apple dengan sejumlah media baru-baru ini, Apple sedang dalam proses mengerjakan Mac Pro generasi baru. Menurut Phil Schiller selaku salah satu pejabat eksekutif Apple, Mac Pro yang dimaksud ini bakal berubah drastis ketimbang yang dipasarkan sekarang.

Apple mengaku melakukan kesalahan dengan Mac Pro yang ada sekarang, dimana desainnya yang terlampau kompleks membuat mereka kesulitan untuk memperbarui jeroannya. Desainnya memang inovatif, tapi fleksibilitasnya menurun drastis jika dibandingkan Mac Pro generasi pertama, kira-kira demikian kesimpulan pernyataan dari Apple.

Maka dari itu, Mac Pro generasi terbaru ini nantinya akan kembali ke akarnya sebagai sistem yang modular. Dengan begitu, Apple jadi bisa lebih leluasa dalam memperbaruinya, sekaligus memenuhi permintaan kalangan pengguna profesional, yang mayoritas merupakan software developer atau videografer kelas kakap.

Kabar buruknya, kita tidak akan menjumpai Mac Pro baru ini dalam waktu dekat – tidak dalam tahun ini pastinya. Paling cepat mungkin tahun depan, tapi Apple pun tidak berani memberikan janji apa-apa. Menarik juga untuk dicatat, Mac Pro baru ini nantinya akan ditemani oleh monitor kelas pro pula, yang bisa kita anggap sebagai suksesor Apple Cinema Display.

Untuk sementara waktu, Apple hanya bisa menyajikan update spesifikasi untuk Mac Pro generasi sekarang. Konfigurasi seharga $3.000-nya sekarang mengemas prosesor Intel Xeon 6-core dan sepasang GPU AMD FirePro D500 (naik dari 4-core dan FirePro D300), sedangkan konfigurasi $4.000-nya mengusung prosesor 8-core dan sepasang GPU D700 (naik dari 6-core dan D500).

iMac untuk pro user

iMac untuk pro user ini dipastikan tidak mengemas touchscreen / Apple

Dalam kesempatan yang sama, Apple juga menyinggung rencananya untuk merilis iMac baru yang dikonfigurasikan secara khusus untuk konsumen kelas pro tahun ini juga. Seperti apa detailnya belum diungkapkan, dan namanya juga belum tentu iMac Pro.

Satu hal yang telah dikonfirmasi oleh Apple terkait iMac baru ini adalah perangkat tidak akan mengemas layar sentuh. Berdasarkan penilaian Apple, touchscreen tidak termasuk daftar fitur yang diincar oleh kalangan pro user.

Faktor yang justru akan Apple fokuskan lewat iMac kelas pro ini adalah performa, storage dan kemudahan untuk melakukan ekspansi. Menarik, tapi saya pribadi penasaran sesuperior apa iMac baru ini ketimbang iMac 5K yang sudah ada sekarang dan sudah menjadi andalan sejumlah pengguna profesional.

Sumber: BuzzFeed 1, 2.