20 January 2015

by Aditya Daniel

Apple Melanjutkan Uji Coba iOS 8.1.3 ke Karyawan Retailnya

Perjalanan iOS 8 sebagai sistem operasi perangkat iPhone atau iPad tak bisa terbilang mulus. Sejak dirilis September tahun lalu, berbarengan dengan rilisnya dua varian terbaru iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, iOS 8 terus mendapat update serta beberapa perbaikan agar dapat berjalan secara optimal.

Seperti yang dikabarkan MacRumors, Apple masih melanjutkan pekerjaan rumahnya untuk memperbaiki serta menghilangkan bugs dengan merilis iOS 8.1.3 ke karyawan retail mereka.

Berdasarkan data analitik dari situs MacRumors, terlihat adanya peningkatan pengunjung yang menggunakan iOS 8.1.3 dengan nomor build 12B466, 6 builds lebih anyar dibandingkan dengan versi beta pertama yang mereka terima pada 7 Januari yang lalu.

 

Info menarik: Ini Dia 5 Trailer Video Game Paling Keren

 

iOS 8.1.3 sendiri yang dikabarkan akan hadir awal minggu ini ternyata masih belum dirilis Apple ke publik. Optimasi serta meminimalkan bugs yang ada mungkin masih menjadi target utama Apple sebelum merilis iOS 8.1.3 ke publik.

Apple mengambil langkah baru dengan mengizinkan karyawan retailnya dalam menguji coba iOS versi beta. Setelah di tahun-tahun sebelumnya Apple mengikutsertakan karyawan retailnya hanya dalam program uji coba versi beta dari OS X.

Alasan lain dari uji coba internal yang dilakukan oleh Apple adalah mungkin agar para pengembang lebih fokus dalam menguji iOS 8.2 yang kini sedang dalam tahap beta ke empat.

iOS 8.2 sendiri diharapkan rilis berbarengan dengan Apple Watch pada musim semi yang akan datang kisaran bulan Maret hingga Mei. Hal ini dipertegas dengan adanya Watchkit SDK yang memungkinkan para pengembang untuk memulai pengembangan aplikasinya untuk Apple Watch.

 

Info Menarik: Benarkah Apple Berencana Merilis iPad dengan Sebuah Stylus?

 

Tak hanya iOS 8.1.3 dan 8.2, MacRumors juga mengatakan bahwa Apple sudah mulai mengerjakan iOS 9 sebagai sistem operasi lanjutan perangkat iOS.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, iOS 9 diharapkan akan diperkenalkan Apple secara beta pada kisaran bulan Juni tahun ini di ajang tahunan Worldwide Developer Conference atau WWDC dan dirilis ke publik di kisaran bulan September berbarengan dengan seri iPhone baru.

Bugs terkait konektifitas seperti sering putusnya sinyal seluler hingga koneksi WiFi, inkonsistensi pada action extensions, lag pada custom keyboards nyatanya pernah hadir di iOS 8. Bugs yang seharusnya tak dialami oleh pengguna, terlebih Apple terkenal dengan quality control yang cukup ketat.

Semoga saja iOS 8.1.3 benar-benar membawa perbaikan serta optimalisasi untuk setiap perangkat iOS.

Sumber: MacRumors.