1. Startup

Layanan Apple Music Bakal Tersedia di Indonesia

Harga langganan individu 69 ribu Rupiah per bulan, paket keluarga (hingga enam orang) senilai 109 ribu Rupiah

Layanan streamingApple Music bakal tersedia di lebih dari 100 negara per akhir bulan ini. Seorang pengguna iOS 8.4 beta mengungkapkan layanan ini bisa diakses di Indonesia, dengan paket berlangganan individu 69 ribu Rupiah dan paket berlangganan keluarga (hingga enam orang) bernilai 109 ribu Rupiah setiap bulannya.

Dengan pergeseran tren teknologi musik dari pengunduhan ke berlangganan, Apple dalam WWDC 2015 lalu mengumumkan ketersediaan Apple Music yang memungkinkan pemilik akun iTunes membayar akses bulanan untuk akses tak terbatas ke lebih dari 37 juta lagu. Apple Music akan dirilis akhir bulan Juni ini, bertepatan dengan peluncuran iOS versi terbaru, 8.4.

Menurut Jerry Roring yang kini menggunakan iOS 8.4 beta, layanan Apple Music ternyata bisa diakses di Indonesia dan telah menyediakan skema biaya dalam Rupiah. Menurut screenshot yang diambil Jerry, biaya paket individu bulanan adalah 69 ribu Rupiah, sementara paket keluarga 109 ribu Rupiah.

Dibanding layanan lain yang sudah tersedia di Indonesia, Rdio dan Guvera mematok harga yang lebih murah, masing-masing 20 ribu Rupiah dan 55 ribu Rupiah. Di sisi lain Deezer mengusung harga yang sedikit lebih mahal, yakni 73 ribu Rupiah. Rdio masih kukuh dengan harga promosinya, meskipun mengklaim telah memiliki lebih dari 32 juta lagu dalam koleksinya.

Tiga layanan tersebut memiliki tier gratis dalam bentuk playlist, sedangkan versi gratis Apple Music dikemas dalam iTunes Radio.

Meskipun cukup mahal, Apple tampaknya berani untuk menghadirkan layanan streaming-nya di Indonesia di hari peluncuran. Sebagai perbandingan, meskipun platform Android sangat populer di sini, sampai sekarang Google belum tergerak untuk membawa layanan Google Play Music secara resmi. Apple Music sendiri bakal tersedia untuk Android.

Meskipun secara global pendapatan dari unduhan masih menyumbang 52% dari total pendapatan musik digital, berdasarkan data IFPI pertumbuhan pelanggan layanan streaming di tahun 2014 mencapai 39%, sedangkan yang berbasis unduhan turun 8%. Hal ini yang mendasari evolusi layanan iTunes dari sekedar unduhan menjadi berbasis langganan.

Kita tunggu kepastian kehadiran Apple Music di Indonesia tanggal 30 Juni mendatang.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again