Categories

Internet

Apple Music Segera Hadirkan Konten Lossless dan Dolby Atmos, Gratis untuk Semua Pelanggan

Katalog lossless janjikan kualitas musik yang lebih baik dan lebih mendetail, sedangkan katalog Dolby Atmos janjikan musik yang lebih immersive

Glenn Kaonang - 18 May 2021

Februari lalu, Spotify mengumumkan Spotify HiFi, paket berlangganan baru yang disiapkan secara khusus bagi pengguna yang hendak menikmati audio dalam kualitas lossless. Tidak lama berselang, sekarang giliran Apple Music yang menyusul dengan pengumuman serupa.

Lewat sebuah siaran pers, Apple mengumumkan bahwa katalog musik berkualitas lossless bakal tersedia di Apple Music mulai bulan Juni mendatang. Menariknya, ketimbang menarik biaya ekstra, Apple justru menggratiskan katalog musik berkualitas lossless ini kepada semua pelanggan Apple Music. Jadi selama Anda sudah berlangganan Apple Music, Anda bisa langsung menikmati katalog musik lossless-nya dengan mengaktifkannya di menu pengaturan.

Di awal peluncurannya, Apple menargetkan sekitar 20 juta lagu yang tersedia dalam kualitas lossless. Jumlahnya akan terus bertambah sampai mencakup seluruh lagu yang tersedia (sekitar 75 juta lagu) sebelum pergantian tahun. Apple menggunakan ALAC (Apple Lossless Audio Codec), codec yang sudah mereka kembangkan sendiri sejak lama, dan yang sudah mereka jadikan open-source sekaligus royalty-free sejak tahun 2011.

Saat sudah tersedia nanti, pelanggan Apple Music dapat mengakses menu pengaturan untuk memilih resolusi buat masing-masing tipe koneksi (seluler, Wi-Fi, atau download). Pilihan resolusi lossless-nya sendiri dimulai dari 16-bit/44,1 kHz, lalu naik ke 24-bit/48 kHz, dan yang paling tinggi 24-bit/192 kHz. Untuk yang terakhir ini, Apple tidak lupa mengingatkan bahwa Anda butuh yang namanya USB DAC, alias digital-to-analog converter.

Selain katalog musik lossless, Apple juga bakal menghadirkan katalog khusus yang menawarkan efek spatial audio Dolby Atmos. Jumlah konten Dolby Atmos ini bakal jauh lebih sedikit daripada konten lossless — cuma ribuan lagu di awal peluncurannya — akan tetapi menurut saya perbedaannya akan jauh lebih mudah dirasakan daripada lossless tadi. Setidaknya buat saya pribadi, jauh lebih mudah menyadari suara yang datang dari segala arah (Dolby Atmos) daripada suara yang lebih detail (lossless).

Seperti halnya katalog lossless tadi, katalog Dolby Atmos di Apple Music juga akan tersedia secara cuma-cuma buat seluruh pelanggan. Untuk bisa menikmatinya, Anda butuh perangkat yang kompatibel. Secara default, Apple Music akan memutar konten Dolby Atmos (jika tersedia) di semua AirPods dan headphone beserta earphone Beats yang memiliki chip H1 atau W1, tidak ketinggalan pula di speaker bawaan beberapa versi terbaru iPhone (mulai iPhone 7), iPad, dan Mac.

Sumber: Apple.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter