Categories

Gadget

Apple Pencil, Stylus Perdana dari Apple untuk iPad Pro

Glenn Kaonang - 10 September 2015

Dalam event Hey Siri semalam, Apple mengambil langkah yang cukup berani dengan memperkenalkan iPad Pro, sebuah tablet jumbo berlayar 12,9 inci yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan kaum profesional. Besar dan perkasa, kira-kira begitulah deskripsi singkat dari iPad Pro.

Di bidang profesional sendiri, iPad cukup populer digunakan oleh para seniman. Secara alami, iPad memang ideal dipakai untuk menggambar, karena pada dasarnya perangkat tersebut merupakan sebuah kanvas digital. Kini ukuran kanvas tersebut pun bertambah besar dengan iPad Pro, tapi masih ada satu hal yang kurang, yaitu alat bantu yang lebih presisi ketimbang jari.

Rumor yang beredar sebelum-sebelumnya pun tidak meleset. iPad Pro datang bersama aksesori bernama Apple Pencil, sebuah stylus yang dirancang secara spesifik untuk perangkat tersebut. Ini merupakan pertama kalinya Apple memperkenalkan stylus sejak iPhone orisinil diluncurkan di tahun 2007, dimana almarhum Steve Jobs kala itu sempat mencemooh perangkat lain yang mengandalkan stylus sebagai alat bantu navigasinya.

Namun seiring berkembangnya iPad, banyak pabrikan aksesori yang menelurkan stylus versinya masing-masing. Apple sendiri cukup bangga dengan Pencil, mengklaimnya lebih responsif ketimbang stylus lain yang ada di pasaran. Sederhananya, saat Anda menggambar atau menulis menggunakan Apple Pencil, hampir tidak ada delay antara goresan Anda dengan yang tampil di layar.

Info menarik: Diklaim Sebagai yang Terbaik, iPhone 6s dan iPhone 6s Plus Resmi Diperkenalkan

Apple Pencil memiliki wujud seperti, well, pensil. Ujungnya yang begitu runcing akan memberikan tingkat presisi yang tinggi. Ia juga sensitif, sehingga Anda bisa membuat garis yang lebih tebal dengan memberikan tekanan yang cukup. Miringkan ujungnya, maka Anda bisa memulai proses shading dengan mudah.

Stylus ini mengandalkan konektivitas Bluetooth untuk mengaktifkan semua fiturnya, seperti salah satunya pressure sensitivity tadi. Baterainya bisa bertahan hingga 12 jam pemakaian. Di balik penutup magnet di ujung belakangnya, tersimpan konektor Lightning untuk ditancapkan ke iPad Pro, meminjam daya dari tablet bongsor tersebut. Hebatnya, Apple mengklaim charging selama 15 detik akan memberikan daya yang cukup untuk 30 menit pemakaian.

November adalah waktu dimulainya pemasaran Apple Pencil, tentunya bersamaan dengan iPad Pro sendiri. Apple tidak memberikan bundle khusus; konsumen harus menebusnya secara terpisah seharga $99.

Sumber: Apple.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter