Categories

Gadget

Apple Perkenalkan MacBook Terbaru, Berbekal Layar Retina 12 Inci dan Body Ramping

Bambang Winarso - 10 March 2015

Dalam event spesial bertajuk Spring Forward, baru-baru ini Apple mengumumkan keberadaan perangkat MacBook terbaru yang tampil dengan wajah dan fitur yang juga baru. Tidak seperti yang dielu-elukan, MacBook terbaru ini tidak membawa ide rancangan ulang dari MacBook Air.

Tampilan mencolok MacBook terbaru terlihat dari ketebalan perangkat yang hanya 13,1 mm atau 24% lebih tipis ketimbang MacBook Air. Selain itu, pendekatan bobot perangkat juga menjadi fokus Apple, dimana kini bobot MacBook hanya 2 pounds atau 0.91 kg.

Melengkapi komponen pembalut perangkat, Apple kemudian membenamkan layar retina dengan ukuran 12 inci beresolusi 2304 x 1440 piksel. Sehingga tak hanya tampil ramping tapi juga punya kualitas visual yang baik.

new macbook
Anda boleh terpesona dengan wajah baru MacBook, tapi tunggu sampai Anda mencermati trackpad Force Touch terbaru disertai teknologi Haptic Engine yang disematkan oleh Apple ke dalam perangkat. Fitur ini memberikan kemampuan level baru dalam hal interaksi perangkat dan pengguna melalui trackpad.

Info Menarik:Berkolaborasi dengan Névo, Wiko Mobile Hadirkan Wiko Watch, Smartwatch Minimalis dengan Fitur Activity Tracking

Cara kerjanya hampir sama dengan Force Touch yang ada di Apple Watch, dimana pengguna diberikan kemudahan untuk mengatur sendiri eksekusi setiap kedalaman tekanan di trackpad, tidak ada lagi bunyi “klik”, yang kini digantikan oleh kendali software yang lebih responsif dan nyaman.

new macbook keyboard

Apple juga memperkenalkan keyboard dengan desain baru menggunakan mekanisme kupu-kupu sehingga tombol terasa lebih stabil dan akurat. Keyboard juga ditempelkan dengan ukuran penuh dengan sensasi tekanan yang lebih “berasa”.

new macbook
Jeroan perangkat ini dilengkapi oleh prosesor generasi kelima Intel Core M yang dikombinasikan dan dioptimalkan dengan OS X Yosemite. Dengan kombinasi tersebut, MacBook terbaru mampu memberikan performa baik namun dengan energi yang rendah dan produksi panas yang minimal. Tetapi pertanyaan akan muncul tentunya karena Intel Core M bisa jadi tidak akan begitu powerfull untuk kegiatan edit video atau pekerjaan grafis.

Info Menarik:15 Steam Machines Valve Siap Menginvasi Ruang Keluarga Anda

Keuntungan dari konfigurasi atau jeroan yang digunakan di perangkat ini, Apple tidak membutuhkan sokongan kipas untuk mendinginkan perangkat. Ketiadaan kipas ini pula yang membuat perangkat dapat dirancang dengan body yang relatif lebih ramping. Benefit lain, daya tahan baterai lebih optimal hingga 9 jam pemakaian.

new macbook

Untuk mengoptimalkan desain MacBook terbaru, Apple memilih menggunakan port USB-C yang memang lebih ramping namun tetap mengakomodasi kebutuhan transfer data, bahkan juga mencakup koneksi video out dan pengisian daya. Satu colokan untuk berbagai kebutuhan.

Yang menarik, seperti halnya iPhone 6, Apple membalut MacBook terbarunya dalam tiga balutan warna yakni Silver, Space Grey dan Gold. Dibanderol mulai $1.299, the new MacBook – begitu Apple menyebutnya – akan tersedia mulai 10 April mendatang.

Sumber berita Apple.

Koreksi: Beberapa perbaikan dan penambahan informasi dilakukan dari artikel awal.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter