Gadget

Apple Resmi Perkenalkan Smartwatch Perdana Bernama Apple Watch

Setelah melewati berbagai 'kisah' bocoran dan rumor, smartwatch perdana Apple bernama Apple Watch akhirnya resmi menampakkan diri. Nama ini bisa jadi tidak seperti tebakan banyak orang yang memperhatikan atau mengikuti kabar sejak rumor atas jam tangan pintar dari Apple muncul.

Dalam event yang digelar semalam waktu Indonesia, bersamaan dengan pengumuman duo iPhone 6, Apple juga memperkenalkan sebuah perangkat smartwatch yang merupakan debut perdananya di kategori ini. Alih-alih menggunakan nama iWatch seperti yang diprediksikan, Apple lebih memilih label Apple Watch untuk perangkatnya tersebut.

Apple Watch membawa sederet fitur yang terbilang unik. Fitur inilah yang membedakan Apple Watch dengan smartwatch lain, kendati di sisi desain tampaknya justru kurang menarik atau biasa-biasa saja.

 

 

Info Menarik: Meluncur Hari Ini, Destiny Ialah Franchise Game Baru Dengan Jumlah Pre-Order Terbanyak

 

 

Fitur Komunikasi

Seperti konsep smartwatch pada umumnya, Apple Watch juga dipersenjatai dengan sederet kemampuan komunikasi yang memungkinkan pengguna untuk menerima dan mengirim pesan singkat dan panggilan suara. Sebuah mikrofon kecil ditanamkan di bagian dalam Apple Watch sehingga memungkinkan pengguna menerima panggilan tanpa harus menyentuh iPhone. Apple Watch juga dapat menerima dan menghapus pesan elektronik.

Monitor Detak Jantung

Ada dua fitur menarik yang juga dipamerkan oleh Apple yaitu Tap dan monitor detak jantung. Fitur Tap ini ditambahkan ke semua perangkat Apple Watch. Fungsinya apabila Anda ingin menyapa seseorang yang barangkali terdiam beberapa lama saat sedang mengobrol dengan Anda melalui perangkat. Anda dapat menyentuh layar dengan lembut dan orang tersebut akan merasakan getaran di lengannya melalui perantara Apple Watch.

 

 

Info Menarik: Apple Resmi Rilis iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, Tersedia di Pasaran Mulai 19 September

 

 

Fitur monitor detak jantung bekerja setiap saat, mencatat data detak jantung Anda dari hari ke hari. Saat diaktifkan Anda bahkan dapat mengirimkan irama detak jantung ke seseorang.

Sensor dan GPS

Fitur ini sudah lama disebut-sebut akan jadi senjata smartwatch Apple. Dan memang benar adanya, Apple Watch membawa sejumlah sensor misalnya accelerometer yang dapat mencatat pergerakan tubuh baik saat sedang bergerak, olahraga atau berdiri sekalipun. Apple Watch juga mempunyai sensor yang dapat mengukur intensitas gerak tubuh dengan menganalisa detak jantung. Sensor ini dibantu oleh teknologi GPS dan WiFi yang terhubung ke iPhone untuk melihat data dan juga melacak pergerakan pengguna.

Apple Pay dan Passbook

Obsesi Apple untuk memiliki sistem pembayaran mobile terbayarkan dengan adanya dua fasilitas pembayaran baru yaitu Apple Pay dan Passbook yang telah diperbaharui, keduanya ditujukan untuk memudahkan pengguna Apple Watch untuk membayar pembelian produk. Untuk menjamin keamanannya, Apple menerapkan sistem dimana kartu kredit akan diwakili oleh Device Account Number sehingga nomor kartu kredit tidak akan dibagikan ke merchant manapun.

Dukungan Aplikasi

Fitur-fitur di atas hanya sebagian dari apa yang dapat dilakukan oleh Apple Watch. Masih ada sederet teknologi yang memudahkan pengguna misalnya fitur Calendar, Maps, Music, Apple TV & iTunes, Remote Camera, Stopwatch, Timer, Alarm, World Cock, Stock, Weather dan Photos.

 

 

Info Menarik: Dengan WB Play, Warner Bros. Coba Ciptakan Platfrom Distribusi Digital a la Steam & Origin?

 

 

Siri

Salah satu fitur menarik yang dibawa oleh Apple Watch adalah Siri seperti yang dibawa oleh perangkat iPhone. Dukungan siri menjadi sangat penting karena merupakan ujung tombak Apple untuk memungkinkan fitur semacam pesan singkat, event, kalender dan Maps bekerja sebagaimana mestinya. Siri menjadi penghantar perintah dan pengganti keyboard sentuh yang tidak memungkinkan untuk ada di Apple Watch.

Apple Watch tersedia dalam beberapa varian yang berbeda. Setidaknya ada tiga varian yang dibedakan atas material perangkat, pertama staineless stell, kedua aluminium dan yang ketiga varian emas. Untuk varian stainless stell disebut Apple Watch, varian aluminium disebut Apple Watch Sport dan varian emas disebut Apple Watch Edition. Masing-masing varian dibedakan lagi dalam dua ukuran yakni 38mm dan 42mm.

Dikutip dari Phonearena, Apple Watch akan dibanderol mulai $349 dan baru akan dipasarkan di tahun 2015 mendatang.

Terakhir, ada satu kelemahan Apple Watch yang saya pikir cukup vital yaitu ketidakmampuan perangkat untuk bekerja sepenuhnya tanpa dukungan iPhone. Jadi, pembeli Apple Watch sangat diharuskan memiliki iPhone, itupun harus iPhone 5 ke atas. Untuk melihat varian dan tipe Apple Watch sobat dapat ke tautan ini.

Sumber berita Phonearena, GSMArena, Apple.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter