Categories

Gadget

Apple Resmi Umumkan 3 Perangkat Baru iPad Air 2, iPad Mini 3 dan iMac Retina

Bambang Winarso - 17 October 2014

Apple baru saja merampungkan acara peluncuran perangkat baru yang digelar semalam waktu Indonesia, sedikitnya ada 3 punggawa baru yang menjadi sajian utama di event tersebut. Apalagi kalau bukan generasi terbaru iPad yakni iPad Air 2, iPad mini 3 dan varian baru iMac 27 inci Retina 5K serta update anyar Mac mini.

Kemunculan tiga perangkat tersebut sebenarnya bukan kejutan yang benar-benar 'wah'. Apple boleh saja bersikeras mempertahan tradisi 'tertutup' terkait perangkat terbaru mereka, namun media tampaknya selalu unggul satu langkah. Terbukti kemunculan ketiganya sudah terendus oleh media dengan akurasi yang cukup baik.

iPad Air 2

Produk pertama yang lumayan memperoleh perhatian adalah iPad Air 2. Dalam sesi pengenalan perangkat penerus seri iPad Air ini Apple menyoroti sisi ketebalan perangkat yang diklaim 18% lebih tipis dari pendahulunya. Bahkan saking tipisnya, bila dua perangkat iPad Air 2 ditumpuk pun masih lebih tipis dari varian pertama.

Selain itu Apple juga menyoroti lapisan anti-reflektif baru yang secara signifikan mengurangi silau sebesar 56% dibandingkan model pertama. Tampaknya Apple menganggap perkara silau ini sebagai sebuah hal besar, sehingga mendorong mereka untuk menggunakan polesan terbaru guna meningkatkan kenyamanan pengguna.

Performa termasuk hal besar berikutnya yang disoroti oleh Apple. Untuk menjawab kebutuhan akan kecepatan dan kinerja  perangkat, Apple membekali iPad Air 2 dengan chip terbaru A8X berbasis 64-bit yang diklaim punya daya pacu 40% lebih cepat dan performa grafis 2,5 kali lebih baik ketimbang generasi sebelumnya. Hebatnya dengan lonjakan performa tersebut, daya tahan baterai iPad Air 2 masih tetap 10 jam.

 

 

Info Menarik: Twittly, Aplikasi Twitter Client Untuk BlackBerry 10

 

 

Chip M8 juga jadi amunisi baru yang dibawa oleh Apple Air 2, alhasil perangkat mempunyai bekal fitur sensor gerak dan tekanan.

Fitur baru lain yang juga dibawa oleh iPad Air 2 antara lain fitur pemindai sidik jari yang merupakan debut perdana di model ini, kamera 8MP dengan polesan iSight, Burst Mode, Timeslapse dan video HD 1080p.

iPad Air 2 hadir dalam beberapa varian yang kemudian membedakan harga perangkat. iPad Air 2 WiFi 16GB dibanderol mulai $499, 64GB $599 dan varian paling tinggi dengan memori 128GB dibanderol $699.

iPad Mini 3

Jagoan kedua yang dihadirkan oleh Apple adalah iPad mini 3 yang juga memperoleh sentuhan baru. Hal pertama yang jadi sorotan adalah fitur pemindai sidik jari yang diletakkan di tombol home layaknya iPhone. Meski demikian Apple masih membekali perangkat ini dengan prosesor A7 yang dipasangkan dengan motion chip M7, sama seperti iPad mini 3 2 atau yang dikenal dengan iPad mini Retina.

iPad mini 3 ditawarkan dalam beberapa varian, yang pertama varian 16GB dengan banderol $399. Varian 64GB dihargai $499, dan varian 128GB mulai $599. iPad mini 3 juga hadir dengan fitur LTE namun pembeli harus membayar tambahan uang sebesar $130. Mulai hari ini pre-order iPad mini 3 sudah dibuka dengan estimasi pengiriman mulai minggu depan.

 

 

Info Menarik: Siap Bersaing Dengan Xiaomi, Lenovo Akan Hadirkan Smartphone Baru

 

 

iMac Retina 5K

Sajian berikutnya adalah dari lini model iMac, yang kini hadir dalam balutan layar 27 inci dengan teknologi layar Retina 5K, memiliki resolusi 5,120 x 2,880 piksel yang menjanjikan detail super jernih. Apa bedanya dengan layar 4K yang dahulu kerap dijadikan iming-iming oleh vendor perangkat? Menurut klaim Apple, layar Retina 5K ini mempunyai jumlah piksel 67% lebih banyak ketimbang layar 4K.

Hebatnya, meski membawa layar beresolusi super tinggi, iMac terbaru ini disebutkan punya efisiensi 30% lebih baik ketimbang model terdahulu.

Di bagian dalam, iMac Retina 5K punya sederet amunisi baru seperti prosesor Intel Core i5 dengan kecepatan clock 3,5GHz, grafis AMD Radeon 290X, RAM 8GB dan Fusion drive 1TB. Banderol perangkat dikutip dari web resmi Apple ada di angka $2499 untuk varian paling rendah.

Selain spesifikasi yang disebutkan di atas, Apple juga menawarkan spesifikasi yang lebih tinggi berupa prosesor Intel Core i7 dengan Turbo Boost, grafis AMD Radeon R9 M295X dan RAM hingga 32GB. Semua varian tentunya menggunakan sistem operasi terbaru OS X Yosemite yang juga dirilis semalam.

 

 

Info Menarik: Google Resmi Rilis Android 5.0 Lollipop

 

 

Update Mac Mini

Setelah seolah diabaikan sekian lama, Mac mini akhirnya memperoleh update terbaru berupa prosesor Intel Iris dan grafis HD Graphics 5000 serta penyimpanan berbasiskan PCIe yang lebih cepat dan efisien. Selain itu Apple juga menambahkan port Thunderbolt 2 dan dukungan Wi-Fi 802.11ac.

Ada dua konfigurasi yang ditawarkan oleh Apple untuk update Mac mini kali ini, varian pertama membawa prosesor dual core Intel Core i5 dengan fitur Turbo Boost, grafis Intel HD Graphics 5000, RAM hingga 4GB dan hard disk 500GB. Varian lainnya membawa prosesor dual core Intel Core i7 dengan RAM hingga 16GB dan flash drive 1TB. Mac mini terbaru dibanderol mulai $499 per unitnya.

Baik iMac ataupun Mac mini versi upgrade hari ini mulai dikirim ke berbagai negara dan diharapkan segera menyambangi di negara-negara tujuan dalam waktu dekat.

Sumber berita Apple 1, 2, 3, 4.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter