Business

Apple Resmi Umumkan Akan Akuisisi Beats Music dan Beats Electronics

Rumor itu akhirnya menjadi kenyataan, setelah beberapa bocoran dan kabar yang beredar, Apple resmi mengumumkan bahwa mereka akan mengakuisisi Beats Music dan Beats Electronics.

Dana yang akan dikeluarkan oleh Apple secara total adalah US$3 miliar. Akuisisi ini akan membawa co-founder dari Beats - Jimmy Iovine and Dr. Dre ke Apple.

Beats Music sendiri adalah layanan music streaming yang menyediakan sistem berlangganan untuk mendengarkan musik, saat ini baru tersedia untuk pasar AS, sedangkan Beats Electronic lebih dikenal dengan produk mereka seperti headphone,speaker serta perangkat lunak audio.

Menarik tentunya untuk melihat apa yang akan dilakukan Apple dengan akuisisi ini, dalam rilisnya dijelaskan bahwa musik menjadi bagian penting bagi Apple sehingga mereka memberi perhatian pada sisi musik. Informasi yang dikutip dari Ubergizmo juga menjelaskan bahwa desain dari perangkat yang dibuat Beats nantinya akan didesain oleh Apple (sebelumnya oleh firma desain Ammunition).

 

Info menarik: Ini Dia Detail dan Alamat Kantor PT. Apple Indonesia

 

Popularitas Beats yang menjadi pilihan headphone para selebritis termasuk olahragawan juga sepertinya akan mendukung Apple untuk menjadi produk yang semakin mainstream dan populer. Meski secara pribadi saya tidak menyukai headphone Beats, saya lebih memilih merek seperti Goldring, Audio-Technica bahkan Philips, namun popularitas Beats sudah tidak bisa disangkal lagi.

Pengumuman ini juga memberikan sinyal apakah aplikasi streaming music Beats nantinya hanya akan tersedia di App Store? Dikutip dari Recode, berbicara di acara CodeCon, Eddu Cue (Apple SVP of Internet Software and Services) menyebutkan bahwa aplikasi Beats Music untuk Android akan tetap tersedia. Selain itu di platform Windows Phone pun tetap akan tersedia. Apakah ini hanya akan sementara waktu sambil menunggu kesekapatan akuisisi selesai ataukah sampai selamanya, kita harus menunggu perkembangannya lebih lanjut.

Proses akuisisi ini masih menunggu persetujuan peraturan yang ada, jadi sepertinya kita harus menunggu untuk melihat strategi sebenarnya dari Apple atas pembelian Beats.

Rilis resmi bisa dilihat di tautan ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter