Categories

Mobile

Apple Resmi Umumkan iOS 9

Aditya Daniel - 10 June 2015

Selain mengumumkan OS X 10.11 El Capitan, Apple juga mengumumkan iOS 9 sebagai penerus untuk sistem operasi mobile yang mereka miliki. Meski fokus Apple pada iOS 9 adalah kestabilan serta optimalisasi sistem operasinya namun tak lantas membuat Apple lupa membenamkan fitur-fitur terbaru yang membuat iOS semakin canggih.

Sebut saja Siri yang akan semakin pintar dengan Proactive Assistant fitur dimana fitur ini mampu memprediksi kebutuhan penggunanya. Siri juga mendapat pembaruan tampilan menjadi selaras dengan tampilan Siri pada Apple Watch.

Selain Siri, Spotlight juga menjadi semakin cerdas dalam melakukan pencarian, seperti halnya pada OS X 10.11 El Capitan. Spotlight mampu mencari informasi yang Anda butuhkan dan jika aplikasi yang sesuai terinstal di perangkat iOS, hasil akan ditampilkan dalam aplikasi tersebut dan bukan di peramban Safari.

Info Menarik: Apple Music Gabungkan Layanan Streaming dan Siaran Radio Live dalam Ekosistem Musik yang Lengkap

 

Untuk mengakses Spotlight dalam iOS 9, pengguna tidak lagi melakukan swipe ke bawah seperti iOS 8, namun swipe ke kanan seperti pada iOS 6.

Tombol shift pada keyboard yang selama ini membingungkan bagi banyak pengguna juga sudah diperbaiki oleh Apple. Lebih lagi, pengguna bisa mengetahui besar kecilnya huruf yang diketik melalui tampilan keyboard.

Apple juga mempermudah aktivitas seleksi teks pada iOS 9. Anda bisa melakukan seleksi teks dengan melakukan swipe menggunakan dua jari di area keyboard. Pada iPad, terdapat penambahan toolbar untuk melakukan cut, copy atau paste.

Untuk mendukung pembuatan catatan pada iOS, aplikasi Notes mendapat perbaikan serta penambahan fitur. Anda bisa membuat list, menambahkan gambar, melakukan formatting pada teks hingga menggambar.

Pada iOS 9, nantinya Anda juga akan mendapatkan aplikasi iCloud Drive untuk memudahkan mengorganisir file yang tersimpan di dalamnya. Aplikasi baru lainnya adalah Wallet dan News. Kedua aplikasi ini menggantikan Passbook dan Newstand yang lebih dahulu ada dalam iOS.

Info Menarik: Apple Maps Akhirnya Dilengkapi dengan Fitur Petunjuk Transit

Akses Settings pada iOS 9 juga mendapat penambahan fitur pencarian untuk memudahkan mencari pengaturan yang diperlukan. Pada bagian Battery, kini terdapat toggle untuk mengaktifkan fitur low power mode terbaru untuk menghemat daya. Memantau baterai yang tersisa dalam perangkat juga menjadi lebih mudah dengan adanya battery widget pada notifications center.

iPad menjadi lebih kaya fitur dengan iOS 9 berkat fitur multitasking. Split View hadir untuk iPad Air 2 yang memungkinkan 2 aplikasi untuk berjalan secara bersamaan, pengguna bisa berinteraksi secara langsung tanpa hambatan.

Untuk versi iPad yang lebih lawas, Anda bisa menggunakan Slide Over untuk menampilkan jendela aplikasi yang lebih kecil di samping aplikasi utama yang lebih kecil. Dengan fitur ini Anda bisa membalas iMessages ataupun mentions ketika sedang berada di aplikasi lain.

Kabar gembira bagi Anda yang memiliki perangkat iOS yang mendukung iOS 8 karena iOS 9 juga akan bisa diinstal ke dalam perangkat tersebut. Seperti janjinya, Apple juga menghadirkan optimalisasi terhadap ukuran update untuk iOS 9 menjadi hanya sekitar berukuran 1 GB.

iOS 9 sudah tersedia untuk para pengembang dan akan diuji coba kepada publik pada Juli.

Sumber: 9to5Mac | MacRumors | iMore dan Apple

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter