StartupBusiness

Apple Sedang Dalam Proses Akuisisi Beats Audio Seharga US$ 3,2 Miliar

Digawangi oleh penyanyi hip-hop Andre 'Dr. Dre' Young bersama dengan chairman Interscope Records, Jimmy Iovine, headset Beats Audio populer menjadi komoditas panas bagi para sosialita dan para remaja.

Di tahun 2012, Beats mengakuisisi MOG sebelum akhirnya mereka meluncurkan Beats Music untuk berkompetisi dengan Spotify dan Google Play Music. Tapi, menurut kabar yang beredar, kini giliran merekalah yang akan diakuisisi.

Dan perusahaan yang mengakuisisi Beats Audio adalah nama yang tidak asing lagi terdengar baik oleh para pecinta teknologi ataupun penikmat musik portable, perusahaan itu adalah Apple.

 

Info menarik: Apple Rekrut Ahli Biomedis Untuk Proyek Teknologi Kesehatan

 

Untuk melakukan hal itu, perusahaan asal Kalifornia yang didirikan oleh Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne tersebut dikabarkan rela mengeluarkan dana sebesar US$ 3,2 miliar. Dengan begitu, langkah ini merupakan salah satu proses akuisisi terbesar yang pernah diambil Apple.

Berita di atas pertama kali dilaporkan oleh Financial Times, dimana mereka menyebutkan bahwa keputusan ini cukup kontras dengan strategi Apple sebelumnya yang biasanya enggan mengeluarkan uang terlalu besar.

Sebelumnya Apple telah membeli Intrinsity, PA Semi dan Passif Semiconductor - masing-masing merupakan produsen chip dan semikonduktor. Namun dalam mengakuisisi ketiganya, Apple tidak mengeluarkan uang lebih dari US$ 200 juta.

Walaupun sempat menjadi tren di kalangan muda, banyak orang berpendapat bahwa headset Beats Audio tidak bisa digolongkan dalam kategori produk audiophile. Nama-nama seperti Sennheiser, Harman Kardon, Naim hingga Denon memiliki pengalaman yang jauh lebih banyak ketimbang Beats Audio dan menjadi pilihan para pecinta produk musik premium.

Tapi berkat langkah pemasaran yang tepat, konsumen melihat Beats Audio bukan hanya sekedar periferal musik, namun juga aksesori pelengkap tren. Ditambah lagi image yang ditinggalkan sang musisi dan produser rapper ternama. Dengan begitu mereka berhasil menciptakan serta menjual banyak produk headset, dan mengumpulkan banyak uang.

Hal lain yang tadi sedikit dibahas adalah Beats Music. Ia adalah layanan streaming musik, diprakarsai oleh Beats Audio yang dibuat berdasarkan layanan serupa setelah mereka membeli MOG.

Beats Music memiliki 20 juta lagu yang bisa diunduh dan dinikmati secara offline dalam jangka waktu tertentu. Tidak jauh berbeda dari Spotify, pengguna harus berlangganan untuk mendapatkan fitur penuh dari Beats Music.

 

Info menarik: Ini Daftar Perangkat Chromebook Terbaru Besutan Asus, Acer dan Dell

 

Sayangnya dibandingkan layanan sejenis, Beats Music memberikan perlawanan yang tidak terlalu menggigit. Mungkin hal ini jugalah yang ingin diubah Apple, memanfaatkan ekosistem iTunes luas yang mereka miliki dan mengkombinasikannya dengan infrastruktur yang sudah dimiliki Beats Audio.

Jika data dari Financial Times memang akurat (Anda harus mendaftar lebih dulu untuk membaca laporan lengkapnya), maka proses akuisisi akan dilakukan secara lebih terbuka minggu depan.

Informasi terbaru juga hadir bahwa salah satu teman Dr. Dre, yang juga bintang film Fast and Furious - Tyrese Gibson - sempat mengunggah video di mana secara 'tidak sengaja' Dr. Dre mengkonfirmasi akuisisi Beats oleh Apple, padahal belum ada rilis resmi dari kedua perusahaan ini. Dan Apple sendiri dikenal menjaga agar informasi seperti ini tidka bocor sebelum waktunya.

Video tersebut sempat muncul di akun Facebook Tyrese Gibson namun telah ditarik, tapi Anda masih bisa menikmatinya lewat YouTube. Berikut videonya, catatan video ini bermuatan bahasa kasar.

Sumber: The Escapist Magazine dan TheNextWeb. Sumber gambar header: Techgriff.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again