Dominasi Samsung di industri mobile tampaknya terlalu tangguh untuk dibendung oleh Apple, bahkan di pasar yang merupakan markas mereka, Amerika Serikat. Berdasarkan data terbaru rilisan Kantar Wordpanel, Samsung sukses mengambil alih posisi puncak pangsa pasar smartphone terbesar di AS dari tangan Apple.

Perusahaan analisis tersebut mengatakan bahwa penjualan Galaxy S8 membantu Samsung menumbangkan Apple per Mei 2017, meskipun catatan tahun per tahunnya menunjukkan tren sebaliknya. Dengan capaian ini, Samsung menguasai 36,2% pangsa pasar smartphone di sana, naik dari periode sebelumnya di 32,9%. Catatan ini sebenarnya masih lebih rendah 1,1% dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara itu Apple menguasai 34% atau naik 4.7% dari capaian tahun lalu.

Meskipun Samsung mendominasi, namun duo iPhone 7 dan iPhone 7 Plus membukukan angka penjualan yang paling kuat di periode yang sama. Baru kemudian diikuti Galaxy S7 dan Galaxy S8. Jika ditotal, 10 tangga teratas smartphone terpopuler dikuasai oleh Samsung dan Apple. Sisanya diramaikan oleh Motorola dan LG yang terbilang cukup stabil.

kantar

Masih dari laporan yang sama, kondisi yang hampir serupa terjadi di Tiongkok. Android masih menguasai pasar Tiongkok dengan persentasi lebih dari 80%. Angka ini naik 1% dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu. Tetapi pangsa pasar iOS mengalami penurunan 0,4%, dari 19,6 menjadi 19,2%. Bedanya, di pasar Tiongkok Huawei menjadi rajanya, bukan Samsung dengan pangsa pasar mencapai 28,3%.

Di Eropa, Android mendominasi total dengan pangsa pasar mencapai 79,5% atau naik 2,8% dibandingkan tahun lalu. Samsung berperan penting dalam peningkatan ini, terutama dipasar Perancis. Huawei juga memberi sumbangan besar dengan dominasinya di mayoritas pasar Eropa.

Catatan terakhir, raihan Apple boleh saja kalah dari Samsung sampai dengan saat ini. Tetapi, perusahaan Cupertino punya kans untuk membalikkan keadaan apabila berhasil mengesankan fans lewat iPhone generasi terbarunya, yang diperkirakan rilis pada bulan September bulan depan.

Sumber berita KantarWorldPanel dan header ilustrasi Android vs iOS.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.