6 March 2015

by Aditya Daniel

Apple Tunda Produksi iPad dengan Layar Lebih Besar?

Setelah merilis dua varian baru iPhone 6 pada september tahun lalu maka sekarang tinggal menunggu varian baru iPad. Ada rumor yang menyebutkan bahwa Apple akan berencana untuk merilis sebuah iPad dengan stylus dan ukuran layar yang lebih besar.

Stylus yang dikabarkan akan hadir di varian iPad generasi baru rumornya bersifat opsional, jadi pengguna bisa memilih sesuai kebutuhannya.

Tapi sayang ada kabar buruk bagi mereka yang sudah menantikan perangkat tablet terbaru dari Apple, mereka sepertinya harus bersabar. Pasalnya menurut Bloomberg, Apple tengah menunda produksi iPad terbarunya.

Info Menarik: [Rumor] Apple Akan Bekali iPhone 6S dengan 2GB RAM dan Teknologi Force Touch

 

iPad terbaru Apple dirumorkan akan memiliki ukuran layar 12.9 inch ini dijadwalkan untuk diproduksi pada kisaran bulan September (bukan kuarter 2 tahun ini seperti kabar sebelumnya). Penundaan proses produksi iPad yang diprediksi bernama iPad Pro ini dikaitkan dengan adanya kebutuhan panel display.

Adanya permasalahan dalam pasokan panel display yang dialami Apple bisa juga berkaitan dengan ukuran layar yang semakin besar. Saat ini ada 3 vendor yang menyuplai panel display ke Apple yaitu: Sharp Corp., Japan Display Inc. and LG Display Co.

Perangkat tablet milik Apple ini sekarang tersedia dalam ukuran layar 9.7 dan 7.9inch. Jika benar Apple akan memproduksi iPad Pro dengan ukuran layar 12.9 maka pilihan yang diberikan kepada pasar menjadi jauh lebih banyak.

Langkah diversifikasi ukuran iPad yang diambil Apple bisa jadi merupakan langkah untuk menyelamatkan angka penjualan iPad yang cenderung stagnan atau malah menurun. Lebih lagi, sekarang iPad harus bersaing dengan iPhone berlayar besar.

Info Menarik: Tapbots Hadirkan Calcbot 2.0 dengan iCloud Sync

Ukuran 12.9 inch pada iPad Pro bisa jadi upaya Apple untuk membidik lebih banyak pengguna, terlebih sektor korporat. Dengan ukuran yang lebih besar, iPad bisa menjadi perangkat yang ideal untuk menggantikan laptop. Ditambah dengan jalinan kerjasama Apple dengan IBM untuk membuat sebuah aplikasi mobile yang akan menyasar pangsa pasar enterprise.

Persaingan pasar tablet yang ketat bisa jadi membuat Apple berusaha mencari cara agar penjualan iPad bisa meningkat. Lebih lagi, hadirnya phablet atau perangkat smartphone berukuran 'agak' besar kini membanjiri pasar dan semakin memperketat persaingan pasar tablet yang ada.

Sumber: Bloomberg.