13 September 2017

by Bambang Winarso

Apple TV 4K Usung Resolusi Super Bening dan Chip Apple A10X

Apple TV 4K HDR tersedia dalam dua varian, 32GB dan 64GB

Ada satu perangkat menarik lainnya yang tersaji dalam suguhan keynote Apple yang digelar semalam, yaitu Apple TV, perangkat rumah yang menawarkan lebih banyak hiburan nan memanjakan. Mata menjadi salah satu bagian vital pengguna yang akan paling dimanjakan oleh Apple TV, berkat adanya dukungan resolusi 4K HDR super bening, lebih bening dari resolusi 4K.

Generasi kelima Apple TV ini menyuguhkan sisi visual yang sangat optimal, menampilkan setiap lekukan objek dalam resolusi terbaik. Gambar yang dihasilkan akan lebih tajam, lebih detail, dan nyata. Dampaknya sudah barang tentu memberi rasa nyaman sekaligus memuaskan tuntutan sisi visual pengguna modern. Untuk mengimbangi kemampuan tersebut, Apple membenamkan chip Apple A10X yang juga diadopsi oleh iPad Pro. Bermodalkan chipset yang lebih baik, maka performa baik core maupun grafisnya tentu akan melampaui apa yang ditawarkan oleh generasi Apple TV sebelumnya.

Secara default, Apple TV akan menampilkan gambar dalam resolusi terbaik. Namun pengguna tetap mempunyai keleluasaan untuk menentukan pilihan yang menurutnya paling pas untuk perangkat televisi yang mereka punyai.

Sementara di bagian piranti lunak, Apple masih menggunakan tvOS namun dengan versi yang sudah ditingkatkan. Peningkatan dapat dijumpai di beberapa bagian, antara lain bagian tatap muka yang mengakomodasi konten-konten 4K dan HDR. Kemudian dukungan sejumlah aplikasi baru, salah satunya aplikasi siaran langsung program-program olahraga.

Integrasi asisten pintar Siri membuat Apple TV semakin fungsional dan cerdas. Selain remote yang dirombak, Siri dapat membantu pengguna menemukan cara yang paling mudah untuk memenuhi keinginan mereka, mulai dari film, musik, hiburan, dan lain-lain hanya dengan input suara. Aplikasi TV mendukung lebih dari 60 layanan di Apple TV dan perangkat iOS. Memungkinkan pengguna untuk membagikan foto dan video dari iPad atau iPhone ke layar yang lebih lega. AirPlay juga tersedia bagi yang ingin menonton film yang tersimpan di iPhone atau iPad.

Pre-order Apple TV 4K akan mulai dibuka pada tanggal 15 September mendatang. Harga jualnya di kisaran US$179 untuk varian 32GB dan $199 untuk varian 64GB.

Sumber berita Apple.