Categories

Gadget

Apple TV Generasi Baru Diungkap, Andalkan Siri untuk Memudahkan Navigasi

Glenn Kaonang - 10 September 2015

Sepertinya sudah lama sekali sejak Apple memperbarui Apple TV. Namun dalam acara semalam, Tim Cook dkk akhirnya siap mengungkapkan inovasi terbarunya di kancah televisi. Bukan, Apple bukan meluncurkan sebuah TV seperti yang dilakukan Samsung maupun brandbrand lain. Apple TV generasi terbaru ini masih berupa set-top box, tapi dengan penyempurnaan hampir di segala aspek.

Satu-satunya yang tidak berubah adalah desain, dimana Apple TV masih menyerupai Mac Mini namun dalam balutan warna hitam. Malahan, bodinya sedikit bertambah tebal karena Apple harus menjejalkan semua komponen dengan spesifikasi terkini.

Apple TV kini ditenagai oleh chip A8 yang sudah terbukti performa ganasnya lewat iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Apple mengklaim streaming video 1080p 60 fps di Apple TV terbaru akan berjalan sangat mulus. Demikian pula halnya ketika membuka atau berpindah aplikasi.

Info menarik: Diklaim Sebagai yang Terbaik, iPhone 6s dan iPhone 6s Plus Resmi Diperkenalkan

Menemani Apple TV adalah sebuah remote control baru yang dijuluki Siri Remote. Ya, Anda kini bisa meminta bantuan Siri dalam menavigasikan Apple TV hanya dengan menahan sebuah tombol dan mulai berbicara.

Siri pada Apple TV pun bisa memahami instruksi Anda secara kontekstual. Misalnya Anda meminta Siri untuk menampilkan daftar film action, selanjutnya Anda bisa meminta Siri untuk menyortir dan hanya menampilkan seri film James Bond saja. Masih belum berhenti, Anda bahkan bisa lanjut menginstruksikan Siri untuk menampilkan film James Bond yang dibintangi Sean Connery saja.

Tidak ada tombol atas-bawah-kiri-kanan pada remote anyar ini; semuanya mengandalkan sebuah panel sentuh kapasitif berlapis kaca pada bagian atas remote guna memudahkan pengoperasian. Konektivitasnya mengandalkan Bluetooth, sehingga Anda tak perlu mengarahkannya ke TV. Baterainya diklaim bisa bertahan selama tiga bulan sebelum perlu di-chargevia konektor Lightning.

Info menarik: Apple Watch Kini Hadir dalam Sentuhan Mewah Hermes dan Disertai OS Baru

Namun hardware baru belum bisa menggambarkan Apple TV secara utuh. Software pun memegang peranan penting, seperti yang bisa Anda lihat dari contoh skenario penggunaan Siri di atas. Apple pun memutuskan untuk merancang sistem operasi baru, tvOS, yang mengambil iOS sebagai platform dasarnya. Alhasil, tak hanya dilengkapi tampilan baru dan navigasi berbasis swipe plus Siri, Apple TV kini juga dibekali App Store-nya sendiri.

Kehadiran Apple TV App Store ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh berbagai aplikasi, termasuk halnya game. Bagaimana rasanya bermain game di Apple TV? Untuk itu, Anda bisa mengandalkan Siri Remote yang ternyata sudah dibekali accelerometer dan gyroscope, menjadikannya setara dengan controller Nintendo Wii. Misalkan Anda bermain gamebaseball, Anda hanya perlu mengayunkan Siri Remote untuk memukul bola.

Game di Apple TV juga mendukung mode multiplayer. Apakah mode multiplayer ini membutuhkan beberapa Siri Remote sekaligus? Tidak. Rekan-rekan atau anggota keluarga Anda bisa ikut bermain dengan menyambungkan iPhone atau iPod Touch-nya sebagai controller. Dengan kemampuan chip A8 dalam mengolah grafis dan banjir konten game di Apple TV Store, bukan tidak mungkin Apple TV nantinya bisa bersaing di kancah game console bersama Xbox One dan PlayStation 4.

Apple TV generasi baru ini akan mulai dipasarkan pada akhir bulan Oktober dalam dua varian: varian 32 GB seharga $149 dan varian 64 GB seharga $199.

Sumber: Apple.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter