19 December 2012

by Amir Karimuddin

Apple TV Sudah Hadir Resmi di Indonesia

iBox sebagai salah satu authorized premium reseller mengumumkan bahwa device Apple TV (generasi ketiga) sudah hadir secara resmi di Indonesia mulai hari ini. Harga yang ditawarkan adalah Rp 1.399.000. Apple TV generasi ketiga ini diperkenalkan bulan Maret tahun ini dan sebagai perbandingan, di Amerika Serikat Apple TV ditawarkan dengan harga $99 (Rp 950 ribuan), sementara di Inggris ditawarkan dengan harga £99 (Rp 1.5 jutaan).

Jadi apa sebenarnya yang bisa dilakukan oleh Apple TV? Dengan dikoneksikan dengan TV yang memiliki resolusi HD, Apple TV bisa memainkan video yang beresolusi hingga 1080p. Sumbernya bisa berasal dari iTunes, Hulu, Netflix, Roku, YouTube, Vimeo dan lain sebagainya. Selain itu Apple TV memiliki kemampuan AirPlay sehingga apapun yang sedang kegiatan multimedia yang dilakukan di device iOS (yang mendukung fitur AirPlay) bisa ditampilkan di televisi.

Apple TV generasi ketiga sendiri meskipun belum menjadi device utama yang menjadi andalan Apple telah memperoleh sambutan yang cukup luas. Di pertengahan tahun ini penjualannya mencapai 2.7 juta unit, sebagaimana diinformasikan oleh Tim Cook dalam ajang D10.

Bagaimana penggunaannya di Indonesia? Layanan video yang bisa diakses oleh pengguna Indonesia adalah iTunes, YouTube dan Vimeo saja hingga saat ini. Jika memiliki device iOS sebagai pasangannya, pengguna Apple TV bisa memanfaatkan fitur AirPlay untuk pengalaman multimedia yang lebih menyenangkan.