Selain memperkenalkan MacBook Pro berdesain baru, Apple juga sempat mengumumkan sedikit pembaruan untuk Apple TV dalam event semalam. Yang pertama datang dalam wujud aplikasi baru bernama TV.

Aplikasi ini merupakan upaya Apple dalam memberikan kemudahan untuk mengakses segudang konten yang tersedia untuk Apple TV. Seperti yang kita tahu, konten-konten ini tersebar di beberapa aplikasi, sehingga terkadang kita bisa lupa aplikasi apa yang menyimpan serial TV atau film yang hendak kita lihat.

Aplikasi TV dirancang untuk menyelesaikan masalah ini. Caranya dengan mengumpulkan segala konten yang pengguna miliki di bawah satu ‘atap terpadu’, yaitu aplikasi TV itu sendiri. Dengan demikian, pengguna bisa lebih berfokus pada koleksi konten ketimbang aplikasinya.

TV app akan tersedia di Apple TV, iPad dan iPhone, dan semuanya tersinkronisasi / Apple

Saat aplikasi TV dibuka, pengguna akan langsung disambut label bertuliskan “Up Next” di bagian paling atas. Di sini akan ditampilkan semua serial TV maupun film yang sedang ditonton pengguna, termasuk yang belum ditonton sampai selesai. Untuk serial TV, setiap episode barunya akan disuguhkan di bagian ini ketika sudah tersedia.

Pilih satu serial TV atau film, maka pengguna akan langsung dibawa ke aplikasi yang menyediakannya secara otomatis. Menariknya, aplikasi ini juga bakal dirilis di iPhone dan iPad, dan semuanya akan disinkronisasikan sehingga pengguna bisa lanjut menyelesaikan suatu episode atau film dari satu perangkat ke yang lainnya.

Bersamaan dengan itu, Siri di Apple TV juga semakin pintar dengan kemampuannya mencari dan memutar konten bersifat live, baik siaran berita atau pertandingan olahraga. Cukup sebutkan tipe siaran yang hendak ditonton, maka Siri akan mencarikan aplikasi yang menyediakannya secara otomatis.

Fitur ini sudah bisa dinikmati oleh pengguna Apple TV generasi keempat mulai hari ini. Khusus untuk aplikasi TV, Apple akan merilisnya bersama software update pada bulan Desember mendatang, diawali oleh pasar Amerika Serikat terlebih dulu.

Sumber: Apple.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.