Categories

Internet

WWDC 2020 Bakal Digelar Secara Online dan Tanpa Dipungut Biaya

Mulai tanggal 22 Juni, developer dipersilakan mengikuti seluruh sesi selama satu pekan ke depan

Glenn Kaonang - 6 May 2020

Worldwide Developers Conference (WWDC), event tahunan yang Apple gelar untuk komunitas developer, bakal diadakan sepenuhnya secara online tahun ini, dimulai pada tanggal 22 Juni. Alasannya apa lagi kalau bukan pandemi COVID-19.

Kabar baiknya, semua developer dipersilakan mengikuti rangkaian acara WWDC 2020 selama satu pekan secara gratis. Cukup mengejutkan mengingat di tahun-tahun sebelumnya, developer harus membeli tiket WWDC seharga ribuan dolar, dan itu pun harus melalui sistem lotere terlebih dulu.

Detail mengenai rangkaian acaranya, termasuk keynote dan beragam sesi lainnya, baru akan dijabarkan mendekati hari H-nya di bulan Juni. Seperti biasa, WWDC selalu menjadi panggung perkenalan versi baru sejumlah sistem operasi dan software bikinan Apple. Untuk tahun ini, Apple semestinya bakal menyingkap iOS 14, watchOS 7, dan penerus macOS Catalina.

Terkait iOS 14, satu fitur baru yang dirumorkan bakal hadir adalah kemampuan untuk menetapkan aplikasi pihak ketiga sebagai default, semisal aplikasi email atau browser. Fitur ini memang sudah lama tersedia di Android, tapi benar-benar baru untuk platform iOS seandainya rumor tersebut tidak meleset.

WWDC bukan satu-satunya konferensi developer besar yang terpaksa dihelat secara online tahun ini. Baru-baru ini, Microsoft juga mengumumkan bahwa event developer mereka, Microsoft Build, juga akan berlangsung secara online selama dua hari penuh mulai 19 Mei mendatang, dan juga tanpa dipungut biaya. Cuma Google I/O 2020 yang dibatalkan sepenuhnya pada bulan Maret lalu.

Sumber: Apple.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter