Categories

Interview

Applika Jadi Perangkat Pemasaran Aplikasi, Tawarkan Reward E-cash untuk Konsumen

Pengguna harus melakukan install, keep, dan share untuk mendapatkan nominal yang bisa dicairkan ke Mandiri e-cash

Prayogo Ryza - 28 June 2016

Smartphone adalah satu perangkat mobile yang paling digandrungi saat ini dan untuk membuat aplikasi menjadi populer di antara pengguna, teknik pemasarannya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Applika mencoba menjadi jembatan bagi pengembang yang ingin aplikasinya lebih populer dan lebih lama disimpan di layar pengguna dengan biaya yang lebih terjangkau, sementara konsumen mendapatkan benefit tambahan pendapatan . Untuk pengguna ber-platform Android, Applika memungkinkan pengguna mendapatkan pendapatan yang bisa dicairkan dalam bentuk Mandiri e-cash.

Applika dikembangkan oleh JAS Kapital dan beberapa investor lainnya yang secara eksklusif bekerja sama dengan Mandiri e-cash. Applika menawarkan nominal uang kepada pengguna yang telah mengikuti serangkaian tahap, seperti menginstalasi aplikasi partner Applika, keep (menjaga aplikasi tersebut dalam tempo tertentu), dan share atau bagikan tautan aplikasi ke media sosial, email, atau lainnya. Saldo yang telah terkumpul bisa dicairkan ke Mandiri e-cash secara otomatis dengan syarat telah memiliki akun Mandiri e-cash.

Applika baru diluncurkan Minggu lalu, tepatnya 20 Juni 2016. Di awal operasinya ini Applika masih sibuk untuk mengenalkan dan mengedukasi pengguna tentang Applika. Selain itu Applika juga mengajak para pemilik aplikasi untuk tergabung sebagai partner di Applika.

“Benefit untuk aplikasi-aplikasi yang di-feature di dalam Applika, kita membantu mempromosikan aplikasi tersebut. Kurang lebih hampir sama seperti aplikasi yang di-feature di Mobomarket maupun market store Android lainnya. Pricing untuk di-feature di Applika juga sangat rendah dibanding platform iklan lainnya,” ungkap Business Development Manager Applika Steffi Rahardjo.

Steffi lebih jauh menjelaskan bahwa kemudahan juga ditawarkan bagi aplikasi yang ingin bergabung di platform milik Applika. Di antaranya adalah semua aplikasi yang sudah bergabung dengan Google Play dapat langsung mendaftarkan diri ke Applika. Yang dibutuhkan hanya detil APK.

"Dari segi user, Applika berharap untuk mendapatkan sekitar 500 ribu-1 juta user, sedangkan untuk segi merchant/aplikasi pada akhir tahun ini ingin mendapatkan sekitar 20-50 merchant yang bergabung/tayang di aplikasi Applika," imbuh Steffi.

Dari segi konsep dan model bisnis, Applika ini mirip dengan aplikasi Pop Slide. Yang membedakan keduanya adalah Applika menjanjikan pencairan dengan Mandiri e-cash sedangkan Pop Slide menawarkan penukaran poin dengan pulsa.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter