25 January 2014

by DailySocial

Apps Foundry Hadirkan Tontonan Acara Lokal Lewat Aplikasi Video Scoop Vee

Apps Foundry, pengembang aplikasi majalah digital tenor SCOOP, hari ini meluncurkan produk terbarunya yang diberi nama SCOOP Vee. Aplikasi yang diciptakan untuk perangkat iPad ini menghadirkan layanan streamingVideo on Demand (VOD) serta tayangan live streaming yang dapat dinikmati langsung secara mobile.

Sesuai dengan keterangan dalam siaran pers yang kami terima, SCOOP Vee menyajikan ragam konten video yang dapat dinikmati secara streaming dengan konten-konten lokal yang telah dikurasi. SCOOP Vee secara sistematis menggunakan implementasi user experience yang berbasis interest atau minat pengguna. Aplikasi ini dapat mengetahui minat-minat tertentu dari pengguna yang nantinya akan ditampilkan dan disajikan secara interaktif kepada pengguna tersebut.

Layanan VOD yang dihadirkannya berfokus pada konten-konten yang disajikan oleh mitra SCOOP Vee. Pada saat ini telah hadir Kompas TV dan Fashion TV yang dapat dinikmati saat ini oleh seluruh pengguna. Terdapat beberapa nama-nama program dari stasiun televisi nasional yang mungkin telah akrab di telinga pengguna, seperti serial komedi  “Malam Minggu Miko”, “Ala Ryan”, hingga program dokumenter “Bab Yang Hilang”, yang seluruhnya dapat disaksikan secara gratis. Asiknya, jika sewaktu-waktu episode atau serial yang ingin ditonton terlewatkan, SCOOP Vee juga menyediakan fitur untuk menontonnya kembali di lain waktu.

Adanya channel Kompas TV dalam aplikasi SCOOP Vee bisa jadi merupakan salah satu implementasi dari penanaman investasi yang dilakukan oleh Kompas Gramedia terhadap Apps Foundry di tahun lalu.

Justin Lim, Product Manager dari SCOOP Vee memberi tanggapan dalam keterangan tertulis yang menyatakan SCOOP Vee dirancang untuk memaksimalkan konten lokal yang kerap berbanding jauh dengan konten asing yang mudah ditemui dalam layanan video streaming lainnya.

“Tidak banyak aplikasi yang mempromosikan konten lokal sebanyak dibandingkan dengan konten asing. SCOOP Vee berusaha untuk menciptakan dengan pendekatan yang lebih sosial dalam menikmati tayangan video baik dari lokal maupun asing,” ujar Justin.

Selain menghadirkan layanan VOD, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, dalam SCOOP Vee pengguna juga dapat menyaksikan tayangan live streaming. Hingga saat ini layanan live streaming masih baru diisi oleh satu mitra yaitu Bloomberg TV Indonesia. Diharapkan ke depannya nanti SCOOP Vee dapat menambah mitra lainnya dalam layanan ini.

Berkaitan dengan hal tersebut, SCOOP Vee mengungkapkan akan rencananya untuk terus menambahkan daftar stasiun-stasiun TV yang akan ditambahkan ke dalam layanannya agar konten yang disajikan semakin lengkap. “Dalam beberapa bulan ke depan, kami berharap dapat bekerja dengan lebih banyak mitra, dengan mempromosikan konten yang mereka miliki sambil lebih meng-eksplorasi ragam konten yang luas,” tambah Justin Lim.

Langkah Apps Foundry dalam meluncurkan SCOOP Vee terbilang cukup tepat dan sesuai dengan momen yang pas ketika bisnis konten berupa video sedang mulai diminati konsumen dengan lebih serius. Saat ini memang masih sedikit layanan video yang mengedepankan konten lokal. Hingga kini yang kami ketahui ada UseeTV dari Telkom dan aplikasi XL Nonton yang juga menghadirkan konten video secara lokal, sedangkan Viki, aplikasi streaming video yang relatif popular, tampaknya saat ini masih memprioritaskan tayangan Korea.

 

SCOOP Vee kini telah dapat diunduh secara gratis melalui App Store untuk perangkat iPad. Pengguna Android jangan kecewa terlebih dahulu sebab aplikasi SCOOP Vee juga akan dirilis pada platform Android baik dalam versi smartphone maupun tablet.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Avi Tejo Bhaskoro.