Pengembangan aplikasi di sistem operasi Tizen dari Samsung telah banyak dilakukan oleh para developer baik di skala nasional maupun internasional. Sejak awal, sistem operasi open source yang satu ini memang diusung dan berlandaskan dari spirit komunitas, dengan dikembangkan berdasarkan kernel Linux dan GNU C Library.

Samsung saat ini masih terus berupaya melakukan peningkatan dan penambahan aplikasi dalam sistem operasi Tizen melalui berbagai upaya. Dengan melihat kreativitas dari anak-anak bangsa di bidang pengembangan aplikasi, Samsung kemudian berinisiatif merangkul para IT developer Indonesia untuk ikut serta terlibat dalam daya cipta aplikasi di sistem operasi Tizen, agar industri IT Tanah Air juga turut mengalami progres dari sisi sumber daya manusia dan proses kreatifnya. Juga mendapatkan kesempatan untuk lebih meng-globalkan aplikasi yang dikembangkannya.

Demi mewujudkan mimpi tersebut, Samsung akan menggelar Tizen Mobile App Incentive Program, yang merupakan program pengembangan aplikasi di sistem operasi Tizen yang dibuka untuk IT developer dalam skala internasional. Tizen Mobile App Incentive Program ini telah menerima sambutan hangat dari pengembang aplikasi secara global, meski baru akan digelar awal 2017 mendatang.

Secara total Samsung menyediakan hadiah uang tunai sebesar USD 9 juta selama Tizen Mobile App Incentive Program berlangsung dalam durasi sembilan bulan. Setiap bulannya, Samsung memberikan hadiah senilai masing-masing USD 10.000 bagi aplikasi yang berhasil masuk ke dalam jajaran 100 aplikasi yang paling sering diunduh di Tizen store.

Pendaftaran Tizen Mobile App Incentive Program ini dibuka pada bulan Januari 2017 hingga 31 Oktober 2017, sedangkan untuk program pengembangan aplikasi Tizen Mobile App Incentive Program rencananya akan terselenggara dari tanggal 1 Februari 2017 pukul 00.00 hingga 31 Oktober 2017 pukul 23.59.

Untuk ikut serta dalam Tizen Mobile App Incentive Program, para partisipan perlu melakukan beberapa tahapan. Pertama, peserta harus mengembangkan sebuah aplikasi atau game untuk OS Tizen dengan menggunakan SDK dan perangkat Tizen (dapat diakses di developer.tizen.org), dan perlu dipastikan bahwa aplikasi yang dibuat dapat digunakan pada Samsung Z1, Samsung Z2 dan Samsung Z3 dan smartphone selanjutnya yang akan dirilis pada tahun 2017.

Lalu, peserta Tizen Mobile App Incentive Program harus bergabung terlebih dahulu dengan Tizen Store Seller Office, dan mengikuti petunjuk di website tersebut untuk mendaftarkan aplikasi. Setelah itu, peserta wajib mengunjungi situs web program insentif dan mendaftarkan aplikasi beserta informasi dasarnya di sana.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh Samsung Indonesia.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.