10 October 2013

by Yoga Wisesa

Archos GamePad 2 Diumumkan, Dibundel Bersama Dua Game Andalan Gameloft

Perusahaan consumer electronic asal Prancis yang didirikan Henri Crohas tahun 1988 meluncurkan sebuah device gaming handheld berbasis Android terbaru mereka, GamePad 2. Namun Archos tidak sendiri, bersama dengan perusahaan asal Prancis lain - kali ini sang publisher Gameloft, mereka turut membundel Asphalt 8: Airborne dan Modern Combat 4: Zero Hour.

Mungkin kita sendiri jarang mendengar tentang Archos, namun kesuksesan GamePad seri pertama akhirnya mendorong mereka untuk menciptakan penerusnya yang lebih mumpuni. Kemudian apa yang dijanjikan Archos dengan GamePad 2? Tentu saja spesifikasi yang cukup tinggi. Anda mendapatkan layar tujuh-inci beresolusi 1.280x800 dengan CPU quad-core berkecepatan 1,6GHz dan RAM sebesar 2GB - cukup canggih dibandingkan produk serupa di lini yang sama. Anda diberikan dua buah pilihan: model dengan memori internal 8GB dan 16GB, tapi tentu saja Anda bisa mengekspansi penyimpanan GamePad 2 menggunakan microSD.

Dengan kerjasama Gameloft dan Archos ini, Anda mendapatkan Modern Combat 4 dan Asphalt 8 sudah terinstal di dalam GamePad 2. Sang Gameloft Director for France & Benelux, Cyril Guilleminot, mengomentari, "Dengan tablet seinovatif Archos GamePad 2, sangat mudah untuk mengoptimalisasi game kami di platform ini. Pengguna akan mendapatkan sebuah pengalaman baru dengan sistem kontrol analog-nya yang terintegrasi."

Namun pertanyaannya adalah bagaimana nasibnya nanti jika disandingkan dengan Nvidia Shield? Ia mungkin akan berhasil jika disajikan dengan harga yang lebih ekonomis. Device serupa sebenarnya sudah sering muncul di pasar Indonesia. Mayoritas dari mereka merupakan 'tablet' buatan China ataupun OEM dari China. Saya penasaran seperti apa nasib Archos GamePad 2 nanti jika ia benar-benar diluncurkan di pasar lokal.

Sang CEO Archos, Loic Poirier, mencoba menjelaskan visinya, "Dengan kesuksesan GamePad 1, kami tahu kami bisa mengembangkan konsep tablet-gaming lebih jauh lagi. Dengan GamePad 2 kami memberikan Anda layar HD, kontrol yang lebih baik, baterai yang lebih tahan lama dan juga prosesor yang lebih gesit. Kami juga sangat bersemangat untuk bekerjasama dengan perusahaan seperti Gameloft dan menyajikan dua buah title game yang mengagumkan."

Sejauh informasi yang bisa saya dapatkan, Archos belum merilis harga resmi GamePad 2. Tablet gaming ini rencananya akan segera tersedia di kawasan Asia Pasifik kuartal satu 2014. Silakan nikmati trailer-nya di bawah ini.

Sumber gambar header: Eurodroid.com.