Faraday Future membuka tahun 2017 dengan sebuah SUV bertenaga listrik yang mampu berakselerasi lebih cepat ketimbang supercar terbaru Bugatti. Prototipe mobil bernama FF91 itu turut membuktikan kalau mobil elektrik juga bisa menghasilkan output daya di atas 1.000 tenaga kuda, dan fakta ini pun membuka peluang bagi lebih banyak supercar bertenaga listrik.

Adalah pabrikan otomotif asal Inggris, Ariel, yang baru-baru ini mencuri sorotan publik dengan mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan supercar elektrik. Untuk sementara dijuluki Hipercar – yang disebut-sebut merupakan singkatan dari “High Performance Carbon Reduction – mobil berpenampilan garang ini menjanjikan daya sebesar 1.180 tenaga kuda.

Ariel Hipercar

Power sebesar itu datang dari empat motor elektrik, yang masing-masing bertugas menjadi penggerak tiap roda. 0 – 100 km/jam ia lalui dalam waktu 2,4 detik saja, sayang kecepatan maksimumnya dibatasi secara elektronik di angka 257 km/jam – saya yakin daya sebesar itu bisa melesat jauh lebih kencang lagi.

Kalau 1.180 hp terkesan terlalu mengerikan, Ariel juga bakal menawarkan varian berpenggerak dua roda yang hanya dilengkapi dua motor elektrik, yang otomatis memangkas output daya beserta torsinya hingga separuh. Baterainya datang dalam dua varian kapasitas, 42 kWh atau 56 kWh, namun Ariel ternyata juga akan melengkapinya dengan mesin micro-turbine 35 kW guna membuat jarak tempuhnya jadi lebih jauh lagi.

Ariel Hipercar

Secara desain, Hipercar tidak seperti dua mobil besutan Ariel sebelumnya – Atom dan Nomad – yang berdesain serba terbuka. Jika melihat gambarnya, Hipercar sangatlah pantas menyandang titel supercar berkat penampilannya yang cukup radikal – plus tentu saja, sepasang pintu gullwing. Ariel bilang mayoritas sasisnya dibentuk dari bahan aluminium, sedangkan bobotnya dirumorkan berkisar 1.600 kg.

Kalau semuanya berjalan sesuai rencana, Ariel Hipercar bakal diluncurkan secara resmi pada tahun 2019, dan siap mengaspal mulai tahun depannya lagi. Harganya dipastikan tidak murah; bos Ariel bilang kalau mobil ini siap ditandingkan dengan supercar berharga di atas £1 juta, sehingga saya berasumsi banderolnya akan menyerempet angka itu.

Sumber: Autoblog dan Ariel Motor Company.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.