2 February 2015

by Glenn Kaonang

Armill, Gelang Pintar Seharga $150.000 Kreasi Desainer Ferrari

“Apple Watch bukan perangkat wearable termewah dan termahal.” Pemikiran ini akan segera terpatri di kepala Anda sesaat setelah melihat Armill, gelang pintar seharga $150.000 besutan Christophe & Co. Christophe & Co. sendiri merupakan salah satu pengrajin perhiasan pria paling mewah di dunia – buka saja situsnya dan Anda akan dimintai kode enam digit untuk bisa masuk.

Bekerja sama dengan Pininfarina – salah satu rumah desain kepercayaan Ferrari – Christophe & Co. menggarap sebuah gelang pintar super mewah yang dinamai Armill. Nama Armill sendiri diambil dari istilah kuno untuk semacam gelang yang melambangkan simbol perlindungan dewa terhadap pemakainya.

Pemilihan nama ini sama sekali tidak mengandung aspek hiperbolis. Material-material yang amat mewah yang meliputi emas 18-karat, keramik sekaligus batu-batu mulia, seperti batu permata, tampak menghiasi sekujur tubuh Armill.

Rangkanya sendiri terbuat dari bahan serat karbon, dan maskulinitasnya semakin diperkuat oleh kehadiran kulit Alcantara yang membalut bantalan memory foam yang terletak di sisi dalam Armill. Dilihat dari sudut manapun, dapat kita lihat aura mobil mewah berpenjar di sekitar tubuh Armill – tidak kaget jika melihat riwayat pengalaman rumah desain Pininfarina.

 

Info menarik: Tak Mau Yang Biasa? Ini Dia Smartphone Mewah Buatan Lamborghini

 

Begitu eksklusifnya Armill, Christophe & Co. hanya akan memproduksi sebanyak 425 unit pada awalnya. 425 unit tersebut dibagi menjadi tiga varian untuk menyesuaikan isi kantong para konsumennya: Virtus (300 unit), Orion (100 unit) dan varian paling mewah, Apollo (25 unit).

Sejauh ini saya baru membahas dari segi penampilan fisiknya saja, namun bagaimana dengan teknologinya? Mengapa Armill layak mengantongi predikat gelang pintar?

Yang pertama, Armill dibekali dengan konektivitas NFC dan Bluetooth LE (low energy) untuk menyambung ke smartphone via aplikasi pendampingnya. Pengoperasian Armill dilakukan via satu tombol ‘valet’ yang terdapat di tubuhnya.

Kedua, Christophe & Co. telah menanamkan sejumlah rotor kinetik pada Armill. Artinya, baterai Armill akan terisi selama ia dikenakan oleh penggunanya – teknologi ini mirip seperti milik arloji quartz, dimana gerakan tangan pengguna akan diterjemahkan menjadi energi listrik untuk baterainya. Baterai Armill sendiri diklaim mampu bertahan hingga setahun atau lebih.

Yang ketiga, Christophe & Co. juga menjanjikan fitur-fitur ekstra untuk Armill ke depannya. Di antaranya adalah integrasi dengan rumah pintar, yacht dan mobil, teknologi pengenal gesture dan fitur pembayaran ala Apple Pay.

 

Info menarik: Smartband ‘Gaming’ Ini Memungkinkan Anda Membaca Notifikasi Lebih Cepat

 

Yang tidak kalah menarik adalah kemampuan Armill untuk menjadi alat verifikasi identitas Anda. Menjadi pemilik Armill secara otomatis akan memberikan Anda data keanggotaan di sejumlah kelab paling eksklusif di dunia.

Pemilik Armill dapat menghadiri event sosial maupun event olahraga yang tiketnya sudah terjual habis. Christophe & Co. juga akan menghelat pesta mewah khusus untuk para pemilik Armill di berbagai lokasi eksotis di dunia.

Fasilitas ala bos yang ditawarkan tidak berhenti sampai di situ saja. Pemilik Armill akan memiliki akses ke layanan concierge selama 24-jam nonstop di seluruh dunia. Layanan ini bisa dinikmati secara gratis selama tiga tahun untuk pemilik Armill Apollo, dua tahun untuk Armill Orion dan satu tahun untuk Armill Virtus.

Varian Apollo sendiri akan hadir dengan dekorasi tambahan yang disesuaikan dengan lokasi pasarnya. Misalnya, untuk pasar Tiongkok, Armill akan hadir dengan ukiran naga di bagian atasnya. Sayangnya belum ada informasi untuk pasar Indonesia, namun saya kira Anda yang berniat memesannya bisa meminta ukiran Garuda di tubuh Armill.

Jadi bagaimana, Anda sudah siap menjadi satu dari segelintir pemilik Armill? Siapkan dana $149.000 untuk varian Apollo, $93.000 untuk varian Orion dan $75.000 untuk varian Virtus. Pastikan smartphone yang Anda gunakan memiliki lambang ‘Vertu’ agar bisa serasi dengan Armill.

Sumber: A Blog to Watch.