Arrow Smart-Kart Ibarat Tesla untuk Anak-Anak

Dilengkapi GPS dan Wi-Fi, sehingga orang tua bisa memonitor, menetapkan pagar virtual sekaligus membatasi kecepatannya

Melihat perkembangan industri otomotif sekarang, sepertinya generasi muda kita ke depannya bakal mengendarai mobil elektrik secara eksklusif. Lalu apa cara terbaik untuk memberikan edukasi tentang mobil elektrik kepada mereka? Well, kalau mengacu pada ungkapan “pengalaman adalah guru terbaik”, kita persilakan saja mereka mencoba mengendarai mobil elektrik.

Oke, bukan mobil elektrik sebenarnya, namun sebuah go-kart elektrik lebih tepatnya. Akan tetapi go-kart elektrik yang satu ini bukan sembarangan, karena ia dikembangkan oleh Actev Motors. Sekadar info, salah satu pendiri perusahaan ini adalah Tony Fadell, yang tak lain merupakan desainer iPod pertama sekaligus pendiri Nest yang kini beroperasi di bawah Alphabet Inc.

Sebelum Anda protes, memang benar reputasi seorang pendiri perusahaan saja tidak bisa dijadikan patokan dalam menilai produknya. Akan tetapi go-kart elektrik bernama Arrow Smart-Kart ini memang cukup istimewa karena mengusung sejumlah fitur yang menarik.

Arrow Smart-Kart bisa dikustomisasi layaknya mobil; diganti body-kit-nya, kapasitas baterainya, dan lain sebagainya / Actev Motors

Yang paling utama, ia dilengkapi GPS dan Wi-Fi. Berbekal aplikasi smartphone, para orang tua bisa menetapkan ‘pagar virtual’ (geofence) sehingga anak-anak yang mengendarai Arrow tidak akan sirna dari pantauan. Lebih lanjut, orang tua juga bisa membatasi kecepatan maksimum dan bahkan menghentikan sepasang motor elektriknya di saat darurat.

Melengkapi fitur-fitur keselamatan itu adalah sensor proximity yang akan mendeteksi rintangan sekaligus mencegah terjadinya kecelakaan secara otomatis. Arrow ditargetkan untuk anak-anak berusia 5 sampai 9 tahun, membantu mereka memahami cara kerja mobil elektrik tanpa membahayakan nyawanya masing-masing.

Kelebihan lain dari Arrow adalah opsi kustomisasi layaknya sebuah mobil. Konsumen bisa memilih berbagai bentuk bodi, baterai berkapasitas yang lebih besar maupun konfigurasi lainnya. Starter kit-nya dihargai $600 selama masa pre-order, dan akan naik menjadi $1.000 setelahnya. Pemasarannya sendiri akan dimulai pada musim panas tahun ini.

Sumber: Engadget.