17 December 2012

by wiku

Arsip Tweet Mulai Disediakan Twitter

Jika Anda menginginkan untuk mengunduh dan melihat berbagai tweet yang pernah Anda bagikan ke Twitter, dari mulai pertama kali menggunakan layanan ini sampai momen tertentu, maka kini Twitter telah menyediakan fasilitas untuk mengunduhnya, secara bertahap. Jadi belum semua pengguna bisa menikmati fasilitas ini.

Akhir November lalu, CEO Twitter berjanji fasilitas ini akan tersedia sebelum akhir tahun, dan sepertinya janji ini telah ditepati. Meski, belum semua pengguna bisa menikmati fasilitas ini, TheNextWeb menuliskan beberapa pengguna telah bisa menikmati fasilitas ini.

Salah satu pengguna yang memberi tahu pihak TNW mengatakan bahwa pilihan untuk mengunduh tweet ini ada pada halaman pengaturan akun pengguna, di bagian bawah. Pengguna lain mengatakan bahwa Twitter nanti akan menginformasikan atau memberikan tautan ke email pengguna ketika arsip tersebut telah bisa diunduh. File nantinya akan berbentuk Zip dalam format HTML (yang akan menampilkan halaman mirip dengan layout situs Twitter ) serta juga file CSV dan JSON (lengkap dengan metadata dari tweet).

Apakah Anda satu diantara pengguna Twitter yang telah bisa menikmati fasilitas unduh arsip tweet ini?